Kamis, 23 Maret 2023

Selamat datang di bulan Ramadhan, Luana

Anak perempuan mungil itu bernama Luana. Tiga bulan yang lalu, Luana baru saja berulang tahun yang ke empat. Seperti anak berusia empat tahun, Luana punya banyak energi untuk beraktifitas. Berlarian, melompat, "menggambar" di dinding dan yang paling keren dari Luana adalah banyak bertanya. Oh iya, Luana juga banyak makannya... hehehehee!


Ketika Kakak Athar bertanya kepada Ayah tentang Ramadhan, Luana menyela pembicaraan. "Ramadhan teman Ade, Kak?" ucap Luana polos. "Bukan Ramadhan itu Ade! Ini bulan Ramadhan, ya kan Yah!" balas Athar menegaskan. 

"Sini Ade ikut duduk di samping Kakak" ucap Ayah sambil menepuk lantai tepat di sebelah Kakak. "Jadi, Ramadhan yang ditanyakan Kakak bukan Ramadhan temannya Ade. Ramadhan yang ditanyakan Kakak itu adalah salah satu bulan yang dinantikan oleh umat Muslim" Ayah menjelaskan. "Oooo... kaya bulan yang di langit ya Ayah" celetuk Luana lagi. "Ade! bukan  ituuuuu" balas Athar sedikit kesal. Ayah hanya tertawa kecil melihat polah kedua buah hatinya.

"Ade dengerin yaa, kata Ibu Guru Kakak di sekolah,  Bulan Ramadhan adalah bulan suci dalam agama Islam di mana umat Muslim di seluruh dunia berpuasa selama sebulan penuh, mulai dari fajar hingga matahari terbenam." Athar menuturkan dengan sangat jelas. "Puasa itu apa, Ayah?" tanya Luana dengan memasang wajah bingung. "Gak boleh makan sama minum Adeeeee." Belum sempat Ayah menjawab Athar sudah menjawab dengan nada jengkel. "Kalo Ade lapel gimana, tlus kalo Ade haus gak boleh minum juga" celetuk Luana lagi, kini dengan berkecak pinggang.

"Ade, yang dijelaskan Kakak itu betul. Pada bulan Ramadhan umat muslim diwajibkan berpuasa. Berpuasa itu menahan diri dari lapar dan haus." ucap Ayah. "Kalo..." belum selesai Luana berbicara sudah dipotong oleh Athar. "Kalo laper gimana, kalo haus gimana, yaaa kaaann" ledek Athar. Luana hanya bisa cengar-cengir mendengar jawaban Athar.

"Ade ikut puasa yaaa!" ajak Athar. "Ade gak usah puasa, ahhh...! Kan Ade masih kecil, kak" ucap Ade sambil berlalu begitu saja. "De... Waktu Kakak masih kecil, Kakak boleh puasa 1/2 hari. Ya kan Ayah?" ucap Athar sambil matanya melirik ke Ayah. Ayah hanya memberi anggukkan kepala tanda membetulkan pernyataan Athar. "Jadi Ade bisa makan pas adzan zuhur, ya kan Ayah" sambung Athar lagi, Ayah mengangguk lagi. "Ade tetep gak mau, lapeel dan haus pasti kalo puasa. Ade gak kuat tau kak" timpal Luana yang kini sudah menjauh dari Ayah dan Kakak.

"Udah kak, gak papa kalo Ade gak mau puasa, kan bisa melakukan ibadah selain puasa di bulan Ramadhan" ucap Ayah seraya tahu perasaan Athar yang tidak puas, karena melihat adiknya tidak mau ikut puasa. "Emang apa ibadahnya, Ayah?" tanya Athar antusias. "Selama bulan Ramadhan, umat Muslim juga dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amal kebaikan seperti membaca Al-Quran, berdoa, berinfaq dan melakukan kegiatan sosial" kata Ayah berusaha menjelaskan sesederhana mungkin, agar Athar dapat memahaminya. "Kalo baca Iqro boleh gak Ayah? Athar kan sama Ade baru belajar Iqro" tanya Athar penuh harap. "Iya...iya baca Iqra juga boleh" jawab Ayah.

"Ade...." teriak Athar kepada adiknya yang sekarang sudah ada di kamar. "Pokoknya Ade gak kuat kalo halus kelapelan" teriak Ade gak kalah keras dari dalam kamar. Padahal Athar ingin memberi tahu tentang apa yang diberi tahu Ayah. Tapi Luana sudah gak mau aja, Ehhh... 😁

Selamat datang di bulan Ramadhan, Luana!

#salamliterasi
#salamkenal
#salamindrakeren
see you tomorrow  😉

1 Comments:

  1. Cerita yang menarik. Meski pelan-pelan menanamkan nilai-nilai puasa Ramadan kepada anak. Salah satunya lewat cerita. Mantap.

    BalasHapus