Selasa, 24 Januari 2023

Menyajikan dan Mengolah Data - Materi Matematika Kelas VI

Alhamdulillah materi tentang bangun ruang pada pelajaran matematika kelas VI sudah kalian lalui.  Tentunya ada yang sudah mahir menghitung volume dan luas permukaan pada bangun ruang, ada pula yang memerlukan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan permasalahan tentang bangun ruang. Namun itu semua merupakan proses pembelajaran yang harus kalian lalui.

Jika masih ada yang perlu didiskusikan tentang materi bangun ruang pada pelajaran matematika, maka Pak Indra dengan senang hati akan menyediakan waktu untuk mempelajarinya secara bersama. Silahkan kalian dapat chat melalui WA atau temui Pak Indra di sekolah.

***

Ok, anak-anak hebat. Saatnya kita melangkahkan kaki untuk mempelajari materi baru pada pelajaran matematika. Materi yang akan kalian pelajari merupakan materi yang paling seru di pelajaran matematika. Menyajikan dan mengolah data, hmmmm.. materi apa ini? susah tidak yaa! seperti yang Pak Indra katakan, materi menyajikan dan mengoah data adalah materi yang paling seru!!! Yukkk.. langsung kita pelajari secara bersama-sama.

Kegiatan menyajikan dan mengolah data merupakan kegiatan sehari-hari yang pernah kalian temukan. Misalkan data nama siswa, usia, hobby, nomor telepon, nomor urut absen, jenis kelamin, mata pelajaran, nilai rata-rata dan lain sebagainya. Data-data tersebut dapat diolah atau disajikan menjadi informasi yang lebih mudah dan lebih rapih untuk dipahami. 

Mengumpulkan Data

Materi pertama dalam menyajikan dan mengolah data adalah mengumpulkan data. Data merupakan himpunan dari fakta dalam kenyataan yang ada. Fakta itu memiliki bentuk yang bermacam-macam, contoh angka, lambang, simbol, pengamatan dan lainnya.

Jadi pengumpulan data memiliki arti proses mengumpulkan dan mengukur informasi yang dibutuhkan sesuai tujuan. Contoh kalian ingin mengetahui jumlah bulan kelahiran di kelas VI. Untuk mengetahui informasi kalian harus memiliki jumlah teman sekelas, bulan lahir dan tentunya hasil data tersebut setelah diolah.

Cara mengumpulkan data dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan diadakan penelitian, wawancara, polling atau penghitungan secara langsung. Media yang digunakan juga beragam, selain media manual seperti ditanya langsung atau dituliskan pada kertas yang digulung. Atau menggunakan teknologi aplikasi pengolahan data seperti excel atau spredsheet.

Menyajikan dan Mengolah Data

Setelah data berhasil dikumpulkan, data disajikan dengan rapih agar mudah untuk dipahami. Penyajian data adalah proses untuk membuat data menjadi mudah dipahami dan dianalisis sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa cara untuk menyajikan data diantaranya menggunakan tabel, diagram (batang, lingkaran atau garis) atau disajikan dalam bentuk turus. Berikut contoh penyajian data tersebut.






Mengolah Data

Data yang sudah didapatkan dan disajikan, maka selanjutnya data tersebut dapat diolah. Bagaimana cara mengolahnya? 

*** 

Anak-anak hebat, materi matematika tentang pengolahan data silahkan kalian catat pada buku matematika sampai materi mengumpulkan data dan menyajikan data. Untuk materi mengolah data, Pak Indra akan berikan pada pertemuan berikutnya.

***

Anak-anak hebat. Belajarlah terus selama masih ada kesempatan. Tidak ada ruginya kalian mempelajari akan sesuatu yang baru. Anggaplah apa yang kalian pelajari hari ini sebagai pengetahuan tambahan bagi diri kalian. 

Sampai sini dulu pembelajaran hari ini. 

Belajarlah terus - teruslah belajar! 
Jangan pernah bosan untuk belajar apa saja, selama itu adalah hal positif.
Sukses untuk kalian semua!!!

*******

#salamkenal
#salamliterasi
#salamindrakeren

see you tomorrow 😉

0 Comments:

Posting Komentar