Kamis, 28 Oktober 2021

Kemarin Hari Blogger Nasional

Awal Agustus sampai ketemu Agustus lagi ditambah dua bulan. Jika dihitung hari, maka sudah 454 hari saya menulis di blog. Setelah saya cek secara sengaja, ternyata sudah ada 392 tulisan yang sudah mengudara di blog sederhana ini. Hmmm, delapan tulisan lagi akan bulat menjadi 400 tulisan. Ternyata penulis ecek-ecek ini sudah banyak juga menulis di dunia maya.

Namun amat disayangkan dua bulan belakangan ini, keinginan menulis sedang terjun bebas. Jika ditanya kenapa, pasti jawabannya hanya alasan saja, hehehehe. Ketika saya lihat, memang pada bulan september dan oktober, saya hanya menulis 60 artikel, namun angka nol nya gelinding entah kemana, hadeeehh! Kok bisa yaa, ya bisalah! Kenapa ya? paling jawabannya beralasan lagi. 😋

Hari Blogger di lagerunal

Dua paragraf awal yang saya tulis merupakan kondisi literasi saya saat ini. Dua paragraf tersebut terlihat pasang surut kegiatan literasi saya. Oleh karena itu, Katanya kemarin hari blogger nasional, serius! Jika iya, berarti selama ini saya sudah dua kali mengalami hari blog nasional, keren banget ya saya! Apa sih Ndra! 😂

Ok, serius sekarang! Bertepatan dengan hari blogger kemarin saya bertekad untuk on lagi ngeblog, bisa gak yaa!! Keinginan saya tersebut berjalan beriringan dengan grup WA kesayangan Lagerunal yang riuh dengan chat yang beragam. Keriuhan tersebut membicarakan tentang hari blogger nasional. Terus terang walaupun saya sudah melewati dua kali hari blogger nasional, saya baru ngeh kemarin. Tahun lalu sepertinya gaungnya tidak sampai di nomor WA saya. Sepertinya saya kurang jauh mainnya. hehehehe 😅

Semakin serius sekarang! Setelah saya membaca postingan Pak D dan Bu Pitosaurs (saya kali ini tidak mencari di google, karena di Lagerunal sudah ada) ternyata menurut postingan mereka berdua (cieee...) pada tahun 2007 diadakan ajang bertajuk Pesta Blogger 2007 yang berhasil menarik minat Iebih 500an blogger dan komunitas blogger di seluruh Indonesia serta mendapatkan dukungan penuh dari menkominfo, Muhammad Nuh. Secara spontan pada pidato pembukaanya Menkominfo mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. (tulisan bercetak miring tersebut saya dapat dari blog mereka berdua, cieee...).

Kopdar (Katanya akronim dari Kopi Daring)

Dari keriuhan di wa grup lagerunal, tercetuslah ide untuk bertatap maya antar anggota di hari blogger nasional kemarin. Keriuhan atas ide tersebut ditangkap dan difasilitasi oleh Pak ketua lagerunal dengan janji akan disiapkan link kopdarnya. Muncullah harapan untuk bertemu sobat lage dari seluruh penjuru Indonesia di layar maya. Pasti seru kan!! gak sabar jadinya nih!!

Saya sempat melirik jumlah anggota lagerunal, ternyata jumlahnya hampir 200 orang. Jumlah yang banyak untuk sebuah grup yang usianya hampir satu tahun. Penasaran gak sih, kapan ulang tahun Lagerunal! Lagerunal lahir pada tanggal 21 November 2021 (ini juga saya lihat di blog Bu Pipit), jadi bulan depan Lagerunal ulang tahun, yeeeyyy... hmmm ayoo siapkan kado untuk Lagerunal.

Baiklah, mari kita serius lagi! Dari jumlah anggota yang hampir 200 orang, ternyata anggota yang hadir kemarin malam juga hampir 20 orang. heheheh! lumayanlah! Padahal besar harapan saya untuk bertemu sobat lage lebih banyak, namun ya sudahlah! ini kenyataanya, nikmati saja.

Obrolan bebas, namun hangat!

Pada bagian ini saya akan tuliskan tentang apa yang kami bicarakan semalam. Tidak ada rahasia, ini semua jujur saya bercerita untuk anda. So, fokus! stay read

Diruang google meet kami berjumpa, bertatap maya dengan sobat lage nusantara. Dari sumatera hingga sulawesi hadir untuk bersilaturahmi. Saling sapa dan saling guyon menjadikan suasana malam yang dingin jadi sedikit hangat. Hampir 20 peserta saling menyapa, hingga keramaian terasa. Namun, cukup lama juga guyon tanpa arah terlaksana. Sampai akhirnya Pak Ketua membuka acara.

Topik random dimulai dengan dijadikannya hari blogger nasional tema kamis menulis. Suasana agak kaku diawal-awal acara, mungkin karena acara dadakan (seperti tahu), maka harap dimaklumi. Untungnya ada lemparan pertanyaan dari Pak D (Ups!), tentang sulitnya menghidupkan komunitas blogger di daerah padahal sudah ratusan guru dilatih membuat blog pada tahun 2020.

Lemparan pertanyaan dari Pak D berhasil membuat ruang maya bergairah kembali. Beberapa anggota lage yang hadir memberikan respon positif atas pertanyaan Pak D. Respon dari sobat lage secara lengkap bisa dibaca pada postingan Pak D. Heheehee... silahkan blogwalking.

Harapan dan Sayonara

Setiap perjumpaan pasti ada perpisahan. Hal itu pula yang terjadi semalam. Pertemuan dadakan harus segera diakhiri, karena acara sudah berlangsung 2 jam lebih. Sungguh terasa menyenangkan bertemu maya dengan sobat lage semua, yang tulisannya sering saya baca di senin blogwalking, kamis menulis dan saling subscribe, like and share link Youtube. 

Saya harapkan pada ulang tahun lagerunal dapat dibuat acara semacam ini. Tentunya dengan konsep yang lebih matang dan tema yang juga menarik untuk diperbincangkan. Selanjutnya mungkin saya boleh berharap lebih kepada anggola lage yang tidak hadir semalam, yukkk belajar bareng-bareng di lagerunal dengan cara aktif menulis. Mungkin ada dari sobat lage yang lain memiliki ilmu yang bisa dishare kepada anggota lage. Saya tunggu gerakannya, ini serius!

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren
See You Tomorrow 😉


16 Comments:

  1. Ya ternyata masih sedikit yang aktif. Semoga hari bloger ini bisa menggugah kembali semangat untuk ngeblog, Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin, semoga tergerak jemarinya untuk menulis dan dibagikan ke grup yaa Bu

      Hapus
  2. Aseeek smg hrpn Pak Indra untuk ulangg tahun lagerunal ada event yang lebih waaw hingga semua anggota yang 200 bisa ikut gabung memeriahkan dan ikut aktif jg dalam kegiatan lagerunal. Salam literasi

    BalasHapus
  3. Salam keten juga Pak. Seneng bisa jadi bakian 20 tadi malam. Meski sebatas pendengar setia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap konsisten yukk Pak...
      Salam kenal juga Pak Rifai

      Hapus
  4. Ini kenapa cie-cieeeen muluu, 😄😄😄

    Tapi setuju nanti pas ulang tahun Lagerunal harus ada acara istimewa dan spesial 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujukan sama saya...
      kira-kira ada acara apa di ultah lagerunal...

      hmm... ccieee

      Hapus
  5. Malu malu semua ya pa, bingung mau ngomong apa.semangat semua.luar biasa lengkap tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya malu malu Bu,, lama-lama gak tau malu...
      heheheheh... canda Bu....

      Sehat selalu Ibu dari Mamuju

      Hapus
  6. Acara yang dadakan saja bisa lumayan seru begitu, apalagi kalau diadakan dengan lebih serius. Wuih, akan lebih dahsyat! Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya Pak Rizky...
      kita tunggu gebrakan dari tim lagerunal...
      ada apa selanjutnya

      Sehat selalu Pak

      Hapus
  7. Random banget ya Pak ngobrolnya. Hehe . Salut nih banyak juga eh banyak banget artikelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... dikit Pak..
      cuma iseng itung-itung itu...

      Hapus
  8. Harapan baik yang juga jadi harapan jajaran admin lagerunal. Semoga terwujud.

    BalasHapus