Sabtu, 09 Oktober 2021

Meramaikan Program Pendidikan Guru Penggerak

Program Pendidikan Guru Penggerak yang diluncurkan oleh Kemendikbud pada tahun 2020, merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan profesi guru secara berkelanjutan melalui pelatihan dan kolektif guru. Diharapkan, guru yang mengikuti program ini akan memiliki kepribadian kuat, serta cerdas, ceria, kreatif dan tangguh dalam melaksanakan kepemimpinan di lingkungan sekolah. Sehingga terwujudnya perasaan nyaman dan bahagia peserta didik di lingkungan sekolah mereka masing-masing.


Paragraf di atas merupakan sepenggal informasi tentang program pendidikan guru penggerak yang saya dapatkan dari berbagai sumber di mesin pencari. Hal itu saya lakukan karena ada rasa ingin untuk mencoba mengikuti program tersebut. Namun, kesempatan dan keberanian belum ada saat itu. Saat itu, saya masih merasa minder, malu serta tidak percaya akan kemampuan diri. 

Banyak hal yang saya lakukan untuk memantaskan diri, sehingga dapat mengikuti program tersebut. Dimulai dengan mengaktifkan diri lebih banyak di lingkungan sekolah, mencari metode yang berbeda namun tetap sesuai dengan kondisi peserta didik, serta banyak belajar dan bertanya kepada guru senior atau guru yang lebih berpengalaman tentang keprofesionalan menjadi seorang guru.

Datangnya pandemi yang tidak diundang, menjadi "berkah" untuk saya. Banyak sekali kesempatan belajar yang dilakukan secara daring. Webinar yang biasanya mahal, selama pandemi dilakukan secara gratis. Seminar yang dilakukan di tempat yang jauh, selama pandemi cukup dilakukan di depan layar HP atau laptop. Hal-hal tersebut membuat saya semakin semangat lagi untuk meningkatkan kompetensi sebagai seorang guru. Terimakasih pandemi! Loh...

Pelatihan gratis juga tidak saya lepas. Bukan hanya mendapatkan sertifikat, namun ilmu yang luar biasa juga saya dapat. Mulai pelatihan menulis, pelatihan google, pelatihan microsoft for education, pelatihan quizizz, serta banyak lagi pelatihan yang saya ikuti. Pelatihan-pelatihan tersebut sedikit banyak menambahkan rasa percaya diri saya. Semua kegiatan tersebut saya tuliskan dalam blog sederhana ini sebagai jejak digital untuk masa yang akan datang.

Lalu bagaimana dengan kepercayaan diri saat ini! Apakah saya sudah berani untuk mengikuti program pendidikan guru penggerak? Ahhh... mari mulai dari memotivasi diri untuk menjadi Guru Penggerak? Apa yang harus dilakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut?

Salam Kenal Salam Literasi Salam Indrakeren See You Tomorrow

10 Comments: