Senin, 04 April 2022

Belajar Copywriting di Bulan Ramadhan

Semalam saya sakit gigi, jadi tidak bisa memposting CAMAR episode 2. Jadi izinkan saya memposting pagi ini yaaa sobat. 

Berbeda dengan malam sebelumnya, malam kedua Ramadhan saya akan menuliskan ilmu baru yang saya dapatkan kemarin siang. Saya mengikuti pelatihan tentang membuat design grafis dengan aplikasi gratisan, iya gratisan.. serius!

Pelatihan yang diadakan Muslim Creator memang mengedepankan kehalalan sebuah proses dalam membuat design yang akan disebarluaskan. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan aplikasi gratisan yang tidak perlu melakukan pembajakan untuk mendapatkannya.

Ada empat aplikasi yang digunakan untuk membuat design. Muslim Creator menyarankan untuk menggunakan Powerpoint (biasanya sudah ada disetiap laptop), Inshot, Inkscape, dan Pixellab. Dari keempat aplikasi tersebut, saya amat senang menggunakan powerpoint. Alasan saya sederhana untuk menggunakan aplikasi tersebut, karena sudah ada di laptop saya. hehehehe...

Tapi ada hal yang menarik lainnya dalam pelatihan yang saya ikuti. Selain belajar tentang design, para peserta juga diajarkan dasar-dasar teknik copywriting. Terus terang saya sampai mengatakan "o...gitu caranya" dalam hati, ketika di dalam pelatihan tersebut tutor mengajarkan copywriting.

Note : Saya juga akan mendokumentasikan ilmu optimasi aplikasi yang digunakan dikesempatan yang lain dalam bentuk video.

Pengantar Copywriting

Ok. Fokus ke copywriting. Copywriting merupakan sebuah teknik atau seni dalam penulisan, baik penulisan di media sosial seperti Facebook dan Instagram atau media cetak seperti koran dan majalah.

Tujuan copywriting membuat pembaca merespon sesuai dengan apa  yang kita inginkan. Sebagai contoh kita mau menjual makanan, agar pembaca mau membeli makanan yang kita tawarkan. Atau kita ingin membuka kelas online, agar pembaca mau mendaftar pada kelas yang kita buka.

Siapa yang mengunakan copywriting. Setidaknya ada dua kelompok yang menggunakan copywriting. Yang pertama mereka yang menggunakan untuk keperluan personal atau sosial. Yang kedua mereka yang menggunakan untuk kepentingan komersial atau bisnis. Tergantung pembaca ingin menggunakannya sebagai contoh pertama atau kedua.

Struktur Copywriting

Struktur Copywriting yang saya dapatkan dalam pelatihan Muslim Creator yakni AIDA atau AIDCA. Apa itu AIDA atau AIDCA?

Pada pelatihan tersebut, saya difokuskan untuk mempelajari struktur AIDCA, karena struktur ini lebih lengkap dalam penerapan copywriting. Penjelasannya akan saya dokumentasikan dalam bentuk gambar di bawah ini:


Inti dari struktur yang pertama ini adalah menarik perhatian pembaca melalui Headline atau judul. Seperti contoh pada gambar di atas. Para pembaca pasti tertarik dengan kalimat contoh di atas, karena dengan harga yang sangat murah bisa mendapatkan tampilan yang cantik.


Inti dari struktur kedua adalah membuat pembaca merasa masalah yang mereka hadapi begitu besar. Pada contoh di atas, perhatikan pada penekanan kata sangat sulit dan nilai yanng jelek saat ujian. Hal tersebut akan membuat pembaca merasakan masalah yang sedang dihadapi semakin besar.


Struktur yang ketiga mirip dengan struktur kedua, hanya saja struktur ketiga ditambahkan sedikit bumbu emosi dan logika yang ditumbuhkan kepada pembaca. Pada contoh di atas dituliskan kata-kata "tidak akan pusing bahkan hingga stress lagi". Kalimat tersebut akan menumbuhkan ketertarikan pembaca, karena sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Struktur keempat dalam pembuatan copywriting adalah conviction. Struktur ini bertujuan agar pembaca yakin dengan apa yang disampaikan. Keyakinan tersebut dapat dibuktikan dengan fakta yang kongkrit. Pada contoh di atas dihadirkan testimoni, bertujuan agar pembaca yakin dengan apa yang sedang dibacanya.

Terakhir adalah action. Struktur ini langsung mengharapkan tindakan dari pembca untuk melakukan apa yang sedang dibaca. Biasanya dalam pembuatan copywrting  ada kata-kata ajakan langsung di dalam kalimat yang dibaca. Kata-kata tersebut seperti "segera", "hubungi", "ayo", "dapatkan" atau bisa juga mencantumkan nomor yang dapat dihubungi.

Itulah struktur Copywriting yang saya dapatkan dalam pelatihan kemarin. Semoga sangat tidak memuaskan. 😁

Sampai ini disini dulu ya belajarnya sobat. Berhenti bukan berarti tidak ada lagi materi yang akan saya tuliskan, berhenti karena saya harus masuk kelas lagi pada pukul 10.00 hari ini. Setelah mengikuti materi hari ini, pasti akan saya tuliskan lagi materinya di blog sederhana ini. Terimakasih sudah membaca hingga kalimat ini, semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk sobat yang membacanya. 

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren
See You Tomorrow 😉

4 Comments:

  1. Terima kasih sudah berbagi ilmu dan pengalamannya. Sukses selalu pak indra keren

    BalasHapus
  2. Mkasih bagi ilmuhya. sukses selalu sobatku yang kereeeennn

    BalasHapus
  3. Salam kenal juga... terima kasih, infonya menarik.

    BalasHapus