Rabu, 06 April 2022

Cara Menyusun Copywriting

Catatan Malam Ramadhan yang mengudara di pagi hari.

Masih dengan tema yang sama, yaitu copywriting. Saya pastikan tulisan ini adalah tulisan yang terakhir dari tiga tulisan dengan tema yang sama. Bagi sobat yang terlewat membacanya, atau belum pernah mendapatkan tautannya, maka tautan di bawah ini bisa melepas rasa penasaran sobat jamira semua.

Belajar Copywriting di bulan Ramadhan

7 Jenis headline dalam copywriting

Agar sobat jamira nyambung membacanya, maka saya sarankan untuk membaca juga tulisan dengan tema copywriting pada tautan yang saya berikan. Nuhun!

Materi ketiga yang saya ingin catat pada blog sederhana ini tentang :

Meyusun copywriting untuk keperluan personal atau sosial

Pada tulisan saya yang pertama (tautan nomor 1), saya sudah memberikan struktur copywriting, yaitu AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction and Action). Struktur tersebutlah yang akan digunakan dalam membuat copywriting. Yukk, langsung aja kita coba menyusun copywriting.

Saya akan mengambil contoh pertama tentang : Relawan Program Mengajar di daerah pelosok

Contoh tersebut akan kita masukkan ke dalam struktur AIDCA.

Attantion

Ini dia rahasia mendapatkan amal jariah tanpa modal!

Interest

Banyak banget kaum muslimin yang menganggap kalau beramal harus keluar uang banyak, kesannya memberatkan!

Desire

Padalah kalau mereka tahu ilmunya, beramal dengan cara yang gratis banyak sekali. Bahkan bisa jadi lebih baik dibandingkan beramal dengan uang.

Conviction

Sebagaimana yang kita ketahui, "Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkata (yaitu): sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh" (HR Muslim). Nah. Alhamdulillah sekarang sedang dibuka Relawan Propram Mengajar di daerah pelosok, dibutuhkan 200 pengajar dan saat ini sudah terdaftar 150 pengajar dari seluruh Indonesia.

Action

Buat kamu yang ingin turut serta dalam program ini, berbagi pengetahuan yang bermanfaat untuk anak-anak daerah pelosok, bisa segera daftar pada nomor 0812 xxxx xxxx

***

Meyusun copywriting untuk keperluan Bisnis dan Komersial

Untuk contoh kedua, saya akan ambil tentang copywriting untuk keperluan bisnis, contoh bisnisnya menjual baju muslim.

Attention

Khusus hari ini saja, beli 1 gratis 1.

Interest

Kamu pasti mau pakai baju muslim kupelan bareng Ayah tercinta, yakan! Tapi karena kantong tipis, akhirnya gak jadi terus deh

Desire

Nah, kamu termasuk orang yang sangat beruntung banget baca informasi ini, karena khusus hari ini kamu bisa dapatkan 2 baju muslim sekaligus hanya dengan membayar 1 saja. Dengan begitu kamu bisa pakai baju muslim yang sama dengan Ayah tercinta. Pastinya Ayahmu akan senang dapat hadiah dari kamu.

Conviction

Tapi kamu harus cepat yaa, karena hari ini sudah ada ribuan orderan yang masuk

Action

Buat kamu yang ingin pesan dan dapatkan promonya, buruan klik tautan ini bit.ly/pesanbajumuslim atau kamu bisa langsung kepoin olshop kami di shopee.co.id/majumuslimmurah. Ingat yaa, hanya berlaku hari ini saja. (link hanya contoh) 

 

***

 

Nah sobat, itu tadi contoh penerapan penyusunan dalam pembuatan copywriting. Terus terang saya belum mempraktekkannya, saya hanya baru bisa mendokumentasikan ilmu yang saya dapat di blog sederhana ini. Jika ada sobat yang mencoba dan berhasil, saya ikut senang dengan keberhasilan sobat. Namun jika masih gagal, maka teruslah berusaha dan nikmati proses kesuksesan yang diberikan oleh sang pencipta.

 

Salam

Salam Literasi

Salam Indrakeren

See You Tomorrow. 😉😉

8 Comments:

  1. Mantull dan tentu keren 👍
    Sedikit koreksi, ada typo di "padalah" seharusnya padahal kan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Nini...
      Iya bener salah ketik, otw diperbaiki ....

      Hapus
  2. Keren Pak. Saya sedang belajar CW ini. Cuma sering lupa apa aja AIDCA ini. Beberapa ada yang pakai AIDA aja. Ini lebih lengkap. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak, saya juga belajar yang AIDA, namun tutoornya lebih menyarankan menggunakan AIDCA.

      Sukses terus Pak Padiil

      Hapus
  3. Terima kasih, Pak Indra. Bapak memang keren. Insya Allah akan mencoba mempraktikkannya. Kalau gagal akan saya serahkan ke Pak Indra untuk mengeditnya, he ... he ...

    BalasHapus
  4. Semakin keren nih Copywritingnya... Bermanfaat banget...

    BalasHapus