Minggu, 08 Januari 2023

Rangkuman materi Tema 5 Kelas VI (IPS dan PPKn)

Assalamualaikum anak-anak hebat
Bagaimana pembelajaran minggu lalu? Apa saja yang kalian pelajari minggu lalu? beritahu Pak Indra kesan-kesan kalian dan materi apa saja yang paling kalian sukai pada pembelajaran sebelumnya (minggu lalu). Tulis di kolom komentar yaa....😁

****

Anak-anak hebat, seperti yang kalian ketahui, negara Indonesia merupakan salah satu pendiri ASEAN. Saat itu salah satu delegasi Indonesia yang bernama Adam Malik dikirim Indonesia untuk menghadiri pertemuan 5 negara ASEAN di Bangkok, Thailand.

Dalam pertemuan tersebut  banyak hal yang disepakai. Salah satunya adalah kesepakatan yang mendasari terbentuknya ASEAN tidak lain adalah letak geografis yang berdekatan, persamaan budaya, persamaan kepentingan dan persamaan nasib. Oleh sebab itu dibentuklah ASEAN dengan tujuan untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang sejahera, damai, aman dan stabil.

Anak-anak hebat materi di atas tentunya sudah pernah kalian dapatkan pada pembelajaran di semester 1 kelas VI. Kali ini atau tepatnya minggu ini materi yang akan kalian pelajari adalah MEA pada pelajaran IPS. Apa itu MEA? Apa tujuan MEA? dan bagaimana Indonesia menghadapi MEA? serta apa saja hambatan Indonesia dalam menghadapi MEA?

Ayo pelajari materi tersebut dengan cara dibaca dengan teliti dan buatlah peta pikiran dari materi yang di bawah ini. Semoga materi yang Pak Indra siapkan untuk kalian dapat kalian pahami dengan baik. Dan langsung aja kalian mulai pembelajarannya.


Sudah kalian baca dan pahami materi di atas. Jika belum, mari coba baca kembali dengan lebih teliti lagi. Bagi yang sudah memahami materi tentang MEA, boleh kalian membuat Peta Pikiran pada buku catatan, kemudian bawa buku tersebut ke sekolah agar Pak Indra bisa memeriksanya. Semangat berkreasi membuat peta pikiran tentang MEA!!

********

Anak-anak hebat, Pak Indra harap kalian masih semangat dan sungguh-sungguh mempelajari materi yang Pak Indra berikan lewat media blog  ini. Materi kedua yang Pak Indra berikan kepada kalian adalah pelajaran PPKn.

Hmm... Materi apa yaa yang akan kalian pelajari pada pelajaran PPKn, silahkan kalian baca materi yang ada pada gambar di bawah ini. Check it out

Anak-anak hebat, setelah kalian membaca materi pada gambar di atas. Apakah kalian tertarik menjadi Wirausaha? atau masih bingung tentang Wirausaha itu!!! Tenang saja untuk yang masih bingung, besok di sekolah kita akan diskusikan bersama tentang materi PPKn di atas. Sekarang silahkan kalian catat materi PPKn tersebut pada buku catatan kalian yaaa..... Selamat belajar anak-anak hebat.

*******

Anak-anak hebat. Belajarlah terus selama masih ada kesempatan. Tidak ada ruginya kalian mempelajari akan sesuatu yang baru. Anggaplah apa yang kalian pelajari hari ini sebagai pengetahuan tambahan bagi diri kalian. 

Sampai sini dulu pembelajaran hari ini. 

Belajarlah terus - teruslah belajar! 
Jangan pernah bosan untuk belajar apa saja, selama itu adalah hal positif.
Sukses untuk kalian semua!!!

*******

#salamkenal
#salamliterasi
#salamindrakeren

see you tomorrow 😉

3 Comments:

  1. Belajar via Blog memang asyik. Minta mereka berkisah atau story telling do depan kelas pasti otw. Semangat Pak Guru

    BalasHapus
  2. Seru ya belajar lewat blog sebagai alternatif pembelajaran berdiferensiasi bagi murid yang menyukai membaca digital. Semangat, Guru Penggerak!

    BalasHapus
  3. Wah, Anak-anak diajak berlari. Keren Pak....

    BalasHapus