Rabu, 04 Januari 2023

Rangkuman Tema 4 IPS Kelas VI

Assalamualaikum anak-anak hebat yang selalu memiliki semangat exstra setiap hari.


Belajar lagi lewat blog sederhana ini yaaa.... Materi yang akan Pak Indra berikan untuk besok adalah Mata Pelajaran IPS. Yuppp... IPS, Ilmu Pengetahuan Sosial. Seperti biasa agar lebih jelas, mari kalian baca perlahan dan catat informasi penting yang kalian dapatkan pada buku catatan kalian.

Rangkuman IPS kelas VI


Selain materi IPS, besok juga ada pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, Pak Indra ingin memberikan sedikit materi pada mata pelajaran tersebut. Check it out....

Materi Matematika

Luas permukaan kubus.


Luas permukaan kubus adalah jumlah luas seluruh sisi kubus. Jumlah sisi kubus ada 6, maka luas permukaan kubus adalah penjumlahan seluruh sisi kubus.


Rumus Luas permukaan kubus =

6 x (s x s)


Luas permukaan balok.


Luas permukaan balok adalah jumlah luas seluruh sisi pada balok. Balok memiliki sisi sebanyak 6, dengan 3 pasang sisi dan sepasang sisi sama besar. Dengan demikian luas permukaan balok merupakan jumlah dari ketiga sisi dikalian 2.


Rumus Luas permukaan balok

Luas alas         : (p x l) x 2

Luas sisi depan : (p x t) x 2

Luas sisi belakang : (l x t) x 2


Dengan demikian rumus luas permukaan balok adalah = 

2 x ( (pxl) + (pxt) + (lxt) )


Materi IPA

Ok anak anak hebat, setelah membaca materi matematika, sekarang waktunya kita belajar IPS. Pak Indra ingin kalian melihat sekeliling rumah kalian. Ada berapa banyak benda yang menggunakan listrik. Jika ada, coba kalian tuliskan benda-benda tersebut di buku catatan kalian. Besok di sekolah dikumpulkan yaaa....

Materi Bahasa Indonesia

Untuk materi Bahasa Indonesia, kalian tulis kata baku di bawah ini pada buku catatan kalian yaaa....

Klik link ini untuk menemukan kata baku dan tidak baku

Baiklah anak-anak hebat sampai sini dulu yaa belajarnya... Jangan lupa besok masuk sekolah dan bawa hasil belajar kalian malam ini.

#tetap semangat
#tetap optimis
#serius belajar

see you tomorrow




0 Comments:

Posting Komentar