Minggu, 15 Januari 2023

Rangkuman Materi Tema 5 Kelas VI "IPS dan PPKn"

Belajar lagi... belajar lagi... belajar lagi...

Tiada hari tanpa belajar hal baru itu menyenangkan. Betul gak sih!!!!


Anak-anak hebat, kalian akan memasuki minggu ketiga pada semester kedua. Pak Indra berharap kalian masih antusias dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah, khususnya di kelas VI.

Anak-anak hebat, apakah kalian masih mengingat tentang pelajaran ASEAN? jika kalian masih ingat, kalian luaarrrr biaasaaa... Jika sedikit lupa, silahkan kalian buka kembali buku catatan kalian tentang ASEAN.

Ok, kali ini kalian akan Pak Indra beritahukan tentang logo ASEAN. Siapa yang pernah melihat logo ASEAN? Logo ASEAN dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Logo ASEAN di atas memiliki arti di dalam setiap gambarnya. Untuk memahami arti dari logo ASEAN, kalian dapat membaca dan mencatat rangkuman di bawah ini pada buku catatan IPS kalian.

Lambang ASEAN adalah lambang resmi ASEAN yang diresmikan pada Juli 1997 bersamaan dengan diresmikannya bendera ASEAN.

Bentuk sepuluh batang padi yang terhimpun terletak di tengah lingkaran merah. Di bawah batang padi terdapat tulisan "asean" dengan huruf kecil. Ligkaran merah dibatasi dengan cincin putih dan biru.

Makna Perlambang

  1. Lambang ASEAN digunakan sebagai lambang resmi ASEAN
  2. Lambang ASEAN melambangkan kemampanan, perdamaian, persatuan, dan dinamika ASEAN. Warna-warna lambang -merah, putih, biru dan kuning- adalah warna-warna yang digunakan dalam berbagai bendera negara-negara ASEAN.
  3. Warna biru melambangkan perdamaian dan kemantapan, merah melambangkan keberanian dan dinamika, putih melambangkan kesucian dan kuning melambangkan kemakmuran.
  4. Sepuluh batang padi yang terikat melambangkan sepuluh negara anggota ASEAN. Hal ini melambangkan harapan kepada para bapak pendiri ASEAN yang memimpikan ASEAN terdiri atas seluruh sepuluh negara-negara Asia Tenggara yang terikat dalam persahabatan dan solidaritas.
  5. Lingkaran melambangkan persatuan ASEAN
  6. Hak cipta lambang ASEAN dimiliki oleh ASEAN

Anak-anak hebat, kalian catat dulu yaaa materi tentang Logo ASEAN pada buku catatan kalian (tulisan berwarna biru), besok saat kalian berangkat ke sekolah, jangan lupa kalian bawa yaaa, agar dapat Pak Indra periksa.

****

Setelah kalian mencatat materi IPS tentang Logo ASEAN. Sekarang kalian lanjutkan belajarnya yaaa. Mata Pelajaran kedua adalah PPKn, materi melajaran PPKn masih melanjutkan materi minggu lalu yaitu Wirausaha. Agar lebih jelas materi tentang Wirausaha, silahkan kalian buat Peta Pikiran dari materi yang ada di bawah ini.



Anak-anak kerjakan peta pikiran pada pelajaran PPKn yaaa. Tulis dibuku catatan kalian dan besok jangan lupa untuk dibawa. Terimakasih. Selamat belajar!!!!

****

Anak-anak hebat. Belajarlah terus selama masih ada kesempatan. Tidak ada ruginya kalian mempelajari akan sesuatu yang baru. Anggaplah apa yang kalian pelajari hari ini sebagai pengetahuan tambahan bagi diri kalian. 

Sampai sini dulu pembelajaran hari ini. 

Belajarlah terus - teruslah belajar! 
Jangan pernah bosan untuk belajar apa saja, selama itu adalah hal positif.
Sukses untuk kalian semua!!!

*******

#salamkenal
#salamliterasi
#salamindrakeren

see you tomorrow ðŸ˜‰

0 Comments:

Posting Komentar