Selasa, 08 September 2020

LEGO Pak Agus Sampurno memudahkan kita Menulis

 Assalamu'alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh

Silaturrahmi itu menambah rezeki, Amin

Selamat Pagi para Pejuang Pendidikan, semoga selalu sehat, semangat, dan bahagia dalam melakukan aktifitas setiap hari serta selamat berwisata membaca di blog sederhana ini. 

Malam tadi,😏 Ehhh tadi Malam maksud saya WAG belajar menulis bersama OmJay menghadirkan narasumber hebat lagi. Narasumber tersebut bernama... hmm, sebelum saya kasih tau nama narasumbernya. Sedikit cerita dari saya tentang LEGO anak saya. 😅

Anak saya yang paling besar bernama Athar. Seperti anak kecil seumurannya, Athar juga memiliki mainan yang banyak hingga dia bingung sendiri saat memainkannya. Namun ada mainan yang sangat dijaga sekali sama anak saya, mainan tersebut dikumpulkan dalam kardus bekas sepatu dan diperlakukan berbeda dengan mainan yang lain, Mainan ini selalu dirapihkan mandiri olehnya, seakan-akan tidak mau ada yang hilang walaupun secuil, (Namun tetap ada saja bagian yang hilang dari mainan tersebut).

Mainan yang menurut saya tidak ada artinya jika hanya ada satu, Namun ditangan anak saya, mainan tersebut bisa membuat anak saya memiliki kreatifitas yang baik. Ada saja yang dia buat dari LEGO yang dimilikinya. (lihat Ayah, Athar pinterkan !! bisa bikin Mobil/Pesawat/Orang/Rumah/Kandang Hewan dan lain sebagainya). Senang sekali melihat anak yang antusias memperlihatkan hasil karyanya kepada kita.

Truuss... Apa hubungannya dengan resume saya kali ini dengan narasi awal yang saya buat pada blog sederhana ini. Jawabannya TIDAK ADA HUBUNGANNYA.😂😂😂.


SIAPA PAK AGUS ?

Nama Agus dikalangan masyarakat Indonesia sangat familiar, bahkan di gang rumah saya saja nama Agus ada tiga orang, Agus Wisnu, Agus Hasibuan, Indra Bagus (Nah yang ini panggilannya bisa juga Agus). Bahkan Bapak Agus yang kita ingin resumekan di blog sederhana ini. Ternyata tinggalnya juga tidak jauh dari kediaman saya tinggal. Tepatnya di Graha Raya, Ciledug, Tangerang. Sedangkan saya tinggal di Ciledug Indah, Ciledug, Tangerang. Bisa dibilang saya dan Pak Agus tetanggan antar komplek. 😅 

Berbeda dengan Agus Agus yang saya kenal, Bapak Agus yang satu ini memiliki nama lengkap Bapak Agus Sampurno, beliau adalah "(Saat ini – 2015) PSF SDO Jakarta. (2018) Master Trainer Sertifikasi BNSP. (2015-2013) Kepala sekolah Ananda Islamic School Jakarta Barat. (2013-2000)  Koordinator guru di Global Jaya International School Jakarta. (2009) Blog Pendidikan terbaik Detik.com (2010) Microsoft Indonesia Innovative Educators.  (2011) Guru Era Baru oleh Acer Indonesia. (2012)  The BOBs (Best of the Blogs)  Deutsche Welle Germany (2014) Penulis Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). (2014- 2016). Pengkaji Naskah Pustekkom Jakarta (2014-2017) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)  juri dan pelatih lomba inovasi pembelajaran TK-SMA." Kalimat yang barusan teman-teman baca tentang Bapak Agus Sampurno saya ambil dari website beliau yang beralamat di https://gurukreatif.wordpress.com/ 


ILMU BARU LAGI MALAM INI !

Beberapa pertemuan di WAG menulis, para peserta diberikan contoh berupa pengalaman menulis dari peserta hebat yang berhasil menuliskan buku bersama Prof Eko Indrajit hingga diterbitkan oelh penerbit Mayor. 

Pada malam ini, Bapak Agus mengajak kita berdiskusi untuk membuat Ide dalam menulis. Tema yang menarik, karena saya termasuk manusia bumi yang sulit sekali mencari Ide dalam menulis. Namun jika menulis langsung bisa mengalir saja, seperti air yang ada di sungai. Bapak Agus mengatakan menulis adalah cara untuk merencanakan sesuatu. Seperti aktifitas kita sebagai guru di sekolah saat mau mengajar, pasti kita membuat rencana pembelajrannya, tujuannya untuk memudahkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar di dalam kelas atau daring pada masa pandemi ini. Contoh kita akan mengajar IPA materi ajarnya Metamorfosis, pasti kita akan membuat rencanan pembelajaran tentang metamorfosis, agar kita mudah menyampaikannya dalam KBM. (ini contoh dari saya.... 😋)

Contoh dari Pak Agus Sampurno lebih hebat, beliau mencontohkan :


Kata beliau Menulis merupakan bagian dari rangkaian minat yang besar. "Seperti LEGO anak saya, yang terus dirangkaikan dari satu LEGO ke LEGO berikutnya, hingga menjadi Objek baru yang memiliki nama, dan namanya bukan lagi LEGO. Bisa saja mobil/pistol/rumah dan sebagainya".

Jadi siapapun Anda, Anda pasti bisa menulis. Menulis apa saja, sesuai dengan bidang keahlian yang Anda miliki. Bahkan Bapak Agus membuat daftar ilustrasi tentang apa yang bisa kita tuliskan, dari perspektif profesi yang berbeda. 


ILUSTRASI PERSPEKTIF PROFESI DALAM MENULIS

Jika anda adalah ....................... maka anda mesti menulis.


  1. Seseorang yang punya hobby yang unik, Internet menghargai orang-orang dengan minat yang tidak jelas dan unik. Menulis online di blog akan membantu Anda menemukan penghobi yang berpikiran sama yang tidak dapat Anda temukan di kehidupan nyata.

  2. Think-for-Yourself Academic (seorang pintar berbakat dan terobsesi dengan pengetahuan tertentu), Seorang dengan minat jenis ini bisa bisa akan menantang para akademisi tulen di kampus. Mereka adalah orang yang sangat terspesialisasi dan seringkali menentang ide-ide baru. Di Internet, Anda tidak memerlukan izin dari peer reviewer (otoritas keilmuwan) sebelum Anda menerbitkan pekerjaan Anda

  3. Pengusaha Muda atau pebisnis baru, Kita sedang bergerak ke dunia Produk yang Memprioritaskan Pembeli atau audiens. Sebelum Internet, perusahaan membuat produk sebelum audiens. Sekarang, mereka membangun audiens sebelum produk. Lebih mudah memulai bisnis saat Anda memiliki audiens

  4. Karyawan yang Diremehkan (jika anda adalah orang yang merasa tempat kerja anda tidak bisa menerima ide segar dan baru), Jika pasar meremehkan keterampilan Anda, dan Anda tidak dapat menunjukkan kompetensi Anda di tempat kerja, Anda dapat membuktikan diri dengan menulis online

  5. The Deep Thinker (kaum pemikir) , Menulis online akan mempertajam pemikiran Anda. Halaman putih kosong adalah cermin ke dalam pikiran Anda. Ketika ide-ide di benak Anda kabur, begitu pula kata-kata di halaman depan Anda. Menulis ulang adalah memikirkan ulang. Menulis adalah cara terbaik untuk meningkatkan ide Anda.

  6. Orang dengan ide dan pemikirna unik (hampir mirip dengan nomor 1), Anda secara intelektual ingin tahu, tetapi Anda terjebak di tempat di mana Anda tidak dapat bertemu orang yang berpikiran sama.Menulis online, sehingga orang-orang mendatangi Anda. Saat mereka melakukannya, Anda dapat melakukan obrolan video dengan mereka dan mencari cara untuk bertemu langsung dengan mereka. Tidak ada lagi kesepian intelektual

  7. The Job Hunter (si Pencari kerja atau order) , Sebuah blog pribadi yang ditulis dengan baik mengatakan lebih banyak tentang Anda daripada CV  apa pun. Menulis menunjukkan keingintahuan, komitmen, dan ketekunan - yang menarik perhatian perusahaan terbaik. Alih-alih menghubungi perekrut, mereka akan menghubungi Anda.

Jadi apalagi yang kita tunggu, cepat tuliskan apapun dikolom titik titik, dan mulailah menulis dari sekarang.!!! Karena, dengan menulis online, Anda dapat mendemonstrasikan kompetensi Anda dan memberi tahu dunia tentang keahlian unik Anda.


IDE - IDE PIRAMIDA


Dipenghujung pertemuan Bapak Agus mengajak kita untuk belajar mengurai satu ide bersama sama. Beliau memberikan kita link Jamboard, untuk kita bersama-sama membuat ide dalam Piramida Ide, begitu kira-kira.

Terus terang saya agak kesulitan, karena link yang diberikan tidak bisa terbuka di HP saya, mungkin HP saya sudah kepenuhan jadi tidak bisa mengakses link tersebut. Tugas yang diberikan kepada para peserta sangat mudah yaitu Menentukan satu ide pokok tulisan yang ditulis pada puncak piramida, kemudian dikembangkan dengan beberapa informasi pendukung yang dituliskan pada kolom piramida di bawah ide pokok dan terakhir kembangkan menjadi sub pendukung pada dasar piramida.

Saran Bapak Agus dalam berprosses menentukan Ide menjadi buku adalah kita mesti punya semacam ide besar yang kemudian dicarikan turunan atau detailnya. ide ---> pokok pikiran ----> judul bab ---> judul tulisan -----> detail informasi penduung judul . Jadilah sebuah buku yang kita impi-impikan.

Menurut Bapak agus Ide sebenarnya mudah dicari dan ditemukan, yang sulit adalah cara melakukan eksekusi hingga menjadi sebuah tulisan. Dalam menulis banyak hal yang menarik dan bisa dinikmati prosesnya. Dalam mencari ide menulis ada banyak pemicu yang bisa berujung pada terbitnya sebuah tulisan.



PESAN DARI PAK AGUS

Hampir terakhir dalam pertemuan dalam WAG menulis, Bapak Agus memberikan pesan kepada kita semua untuk melejitkan ide yang berkeliaran di kepala kita, namun tidak jua dituliskan menjadi sebuah cerita yang menarik, sbb :

  1. Orang lebih senang mencari sesuatu yang ada hubungannya dengan keuntungan atau kebutuhan dirinya. Hal ini sering dilakukan bagi penulis pemula karena belajar menulis ide berdasar diri sendiri. Dimulai dari yang mudah, yang bisa, yang dialami.

  2. Ketika ingin sekali menulis, namun judul yang ditemukan sudah tertuang oleh orang lainm, maka cara menyikapi hal ini adalah mencermati tulisan orang lain lalu lakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).
  3. Cara terbaik memberikan ‘roh’ pada tulisan adalah sebagai penulis, kita sudah tahu dalam satu kalimat, hal apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Sebuah buku yang tebalnya berlembar-lembar pun pada akhirya punya satu tema besar yang ingin disampaikan.
  4. Jika ingin lebih semangat menulis karena mendapatkan tanggapan, tulislah dan berikan lah sumbang saran bagi sebuah hal yang sedang menjadi kegelisahan orang banyak.
  5. Cara membangun konsistensi dalam menulis ide di blog adalah memilih topik yang dikuasai kemudian lakukan  riset kecil-kecilan di google, kemudian tampilkan tulisan anda sudah dengan solusi dari sebuah masalah, tuliskan di bagian apa anda merasa nyaman dan menguasai (tidak harus ahli atau menguasai sekali).

Sebelum mengakhiri resume ini izinkan saya mengutip kesimpulan dari Narasumber :

Berbagilah hal yang anda ingin orang lain ketahui, tidak perlu menunggu sampai ahli,bahkan anda bisa berbagi proses yang sedang anda jalankan;

Jika terus menerus menekuni hal yang sama dan fokus maka itu akan menjadi brand atau reputasi anda

Tulisan anda ibarat sebuah lego. tulisan demi tulisan akan tampak baik dan bagus seperti lego yang tersusun dan membentuk sebuah bangunan jika anda terus berusaha menggabungkannya

"Agus Sampurno"

Bagaimana teman teman resume saya, kerenkan!!
Kata LEGO membuat pikiran menemukan Ide yang cemerlang, berawal dari satu bagian akan menjadi bangunan yang baru. Ide pun seperti itu, diawali dari satu kata, kemudian terangkai bersama kata-kata lain akhirnya terbentuk kalimat, paragraf, dan seterusnya akhirnya menjadi Buku.

Selalu ada langkah kecil dari setiap aktifitas besar kita.

Wassalamualaiku, Wr, Wb
Salam Literasi, Salam Indrakeren

5 Comments: