Rabu, 09 September 2020

Menggali Potensi Diri dengan MAU-nya Mr Bams

Assalamu'alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh

Silaturrahmi itu menambah rezeki, Amin

Selamat Pagi para Pejuang Pendidikan, semoga selalu sehat, semangat, dan bahagia dalam melakukan aktifitas setiap hari serta selamat berwisata membaca di blog sederhana ini. 

Tepat dua minggu yang lalu saya ada jadwal mengikuti Pelatihan Motivasi dengan Mr. Bams. Sosok yang aktif dalam WAG menulis ingin berbagi Motivasi tentang rumus MAU yang dikembangkannya. Pelatihan dengan judul MOTIVASI AKSI UNGGUL edisi perdana ini benar-benar keren.

Sebelum pelatihan dimulai, kami menyepakati waktu untuk memulai pelatihan (jarang-jarangkan pelatihan waktunya didiskusikan dengan pesertanya...hehehe), akhirnya pelatihan disepakati diadakan selepas isya. Ibadah dahulu, pelatihan kemudian membuat para peserta komitmen untuk fokus selama pelatihan berlangsung.


Mr. Bams muncul membuka acara yang dipandu langsung oleh beliau. Niatkan pelatihan ini untuk menambah ilmu bagi kita semua, "kata beliau". Dengan niat yang baik, apa yang disampaikan akan bermanfaat bagi orang lain, begitu kira-kira. 

Kurang lebih 20 peserta yang ikut pelatihan MAU malam itu, yang diberikan 4 kunci dari Mr Bams. keempat kunci ini akan bisa meningkatkan potensi dalam diri, yang sebenarnya sudah ada, namun masih bersembunyi dibalik keragu-raguan. Apa keempat kunci tersebut ?



Kunci pertama adalah KENALI DIRI (KD)

Tak kenal maka tak sayang, itu merupakan sebuah kiasan rasa suka kita terhadap seorang. Begitu juga dalam kunci unggul yang pertama ini. KD merupakan proses kita untuk kenal pada diri sendiri, jika bukan kita yang mengenal tentang diri kita siapa lagi. Mungkin Ibu kita, pasangan kita, atau bahkan orang-orang disekitar kita merasa mengenali diri kita. "Gue Kenal banget sama Lu, Lu gak bisa bohong sama Gue", adakan dikehidupan sehari-hari kita pernah mendengar atau mungkin mengatakan hal tersebut kepada orang lain. Hal itu bukan KD yang sesungguhnya, hal tersebut baru kulit luarnya saja.

Bagaimana cara mengenali diri kita? Hidup itu ibarat dua sisi mata uang (Baik/Buruk), kawan! Diri kita juga seperti itu, sebagai manusia, rasanya wajar jika kita memiliki hal yang baik atau buruk dalam diri. Katanyakan, manusia tempatnya salah, namun manusia juga tidak mungkin salah teruskan. Oleh karena itu tulisan ini mengajak kita untuk mengenal diri dengan cara sebagai berikut :


Untuk mengenal diri dalam Pelatihan ini, kita diarahkan untuk membuat list Kebaikan Diri yang pernah kita lakukan, mulai dari yang teremeh hingga yang terwaaaaah dalam diri, yang kita harus tuliskan dalam waktu kurang lebih 5 menit. Setelah itu kita diberikan kesempatan untuk memilih satu dari kebaikan diri yang kita tulis. Kita juga diberikan waktu untuk menuliskan hal yang perlu diperbaiki dalam diri.

Kegiatan ini dilakukan untuk menyadarkan diri kita, bahwa kita itu pada dasarnya adalah orang baik yang selalu memiliki motivasi melakukan hal-hal yang baik. Namun terkadang emosi, ego dalam diri menguasai, sehingga banyak hal-hal yang seharusnya bisa diraih menjadi tertunda.


Kunci kedua adalah SADAR DIRI (SD)

Sudah kenal sama diri kita, Ooohhh ternyata diri kita seperti itu yaaaa. Langkah pertama membuat kita bukan hanya mengenal diri kita, namun sekarang kita sudah menyadari diri kita akan potensi kebaikan dan apa yang perlu kita tingkatkan.

Kunci kedua dalam Pelatihan MAU ini mengajak kita untuk mengenal lebih dalam "Siapa Saya"?


 

Sudahkah kita (Saya) sudah seperti gambar diatas ? Jika Sudah, tingkatkan diri agar naik level dalam kehidupan. Jika belum, Reflektif !! Perbaiki atau tingkatkan potensi yang ada dalam diri agar bisa mencapai target yang barusan kita tuliskan!


Kunci ketiga adalah STRATEGI DIRI (StD)

Menurut Saya, hal ini yang menarik dalam pelatihan MAU. Kenapa menarik? Karena kita akan berfikir bagaimana merancang "A" dalam gabungan kata "MAU". KD dan SD tidak akan bergerak jika kita tidak menanamkan standar hasil yang ingin kita peroleh. Seperti hal profesi apapun yang kita jalani, jika hanya ada Motivasi tidak akan terjadi perubahan dalam hidup. Strategi Diri akan mengarahkan potensi kita menuju GOAL yang ingin kita wujudkan dalam diri kita dimasa yang akan datang. Assiiikkk !!😊


Kunci keempat adalah OPTIMALISASI DIRI (OD)

Yang berfikir OD itu adalah Over Dosis, Pikiran itu harus dibuang jauh-jauh. Kunci keempat ini yang paling sulit bagi saya untuk dilakukan, karena kunci keempat mengharuskan kita lebih mengoptimalkan sisi interpersonal kita sebagai manusia. Dengan OD yang sudah terbentuk, akan menimbulkan potensi diri yang Unggul. "U" dalam MAU akan tercipta jika OD bisa kita laksanakan.

Akhir dari pertemuan Pelatihan MAU dengan Mr. Bams, mengingatkan kita akan "Diri kita yang mengendalikan diri kita, Mau kita yang bisa mewujdkan Mau kita, dengan cara yang tepat akan menimbulkan MOTIVASI yang tidak hanya diimpikan,, namun akan diwujudkan AKSI nyata yang dipikirkan dengan strategi yang tepat, sehingga akan muncul manusia UNGGUL dalam kehidupan di masa yang akan datang.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Salam Literasi, Salam Indrakeren



4 Comments: