Kamis, 11 Februari 2021

Hi... HTML, kamu ngejelimet deh.

Gara-gara Pak Agung Tazka saja jadi kecanduan Ngoprek Blog. Sudah hampir satu minggu saya gonta-ganti template blog. Mulai dari yang sederhana hingga yang ngejelimet. Dari beberapa template yang saya pilih dan saya coba ternyata tidak ada yang benar-benar sederhana, hampir semuanyan ngejelimet. Namun anehnya semakin ngejelimet saya semakin penasaran, sungguh saya penasaran!

Mulai dari ngoprek secara sederhana, dengan mencoba mengubah apa yang tersedia pada halaman layout pada dasbord blog. Sampai yang tidak bisa dikatakan sederhana, mengapa tidak bisa dibilang sederhana? karena kengejelimetannya bertambah.

baca juga : Menulis Fiksi : #selasaberbagi

HTML, ya ... empat huruf tersebut membuat saya rela duduk berlama-lama untuk sekedar memahami alur kode tersebut terangkai.

Ngoprek Blog memang membutuhkan kesabaran bagi pemula seperti saya. Mencoba mencari sesuatu di luasnya dunia maya. Entah berapa kali saya keluar masuk link website hanya untuk mencari jawaban dari apa yang sedang saya lakukan. 

Tampilan Baru, lebih seger.

Setiap saya mencoba template blog baru, setiap kali pula saya harus menerima kekecewaan. Kekecewaan karena saya tidak mengerti alur sebuah template bekerja. Banyak template bagus, namun kedangkalan ilmu saya, membuat template tersebut menjadi biasa saja, bahkan cenderung jelek jika terpasang pada blog saya.

Kekecewaan tersebut membuat saya berusaha untuk mencoba terus secara perlahan. Berusaha untuk menyadari letak kekurangan diri agar bisa terus melejit dan berhasil mencapai tujuan Ngoprek Blog. 

Sulit, mata sepet seaakan ingin cepat mengakhiri apa yang belum selesai ini. Namun apa daya saya tidak bisa mundur, saya sudah kepalang tanggung. Template awal yang saya buat sudah terdelete, lupa di backup, maka pada akhirnya saya harus bisa mempelajari bahasa HTML dengan cara keluar masuk link website atau keluar masuk link youtube.

Remah-remahan ilmu itu saya satukan. Saya pelajari secara perlahan. Bertanya dengan kawan, rekan, dan juga teman. Pada akhirnya remahan ilmu yang sudah terkumpul saya coba praktekkan. Berhasil!

Memang, sebuah keberhasilan yang belum sempurna. Masih harus dipelajari lebih mendalam. Namun paling tidak, tampilan blog sudah bisa dinikmati, sambil dioprek lagi secara perlahan agar bisa Damian katakan, sempurna!

Salam Kenal
Salam Literasi
Sala Indrakeren

25 Comments:

  1. Perfect ...
    Membutuhkan proses pak...
    Semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dalam proses yg sedang dijalankan dengan enjoy dan mengalir saja.
      Siap semangat

      Hapus
  2. Harus disadari tidak ada yg sempurna, kalau perasaan kita tidak terima karena merasa jelek, yah...coba perbaiki lagi deh.
    Semangat oprek blog. Salam selalu keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap semangat ngoprek.
      Ayoo Nini, ngoprek bersama

      Hapus
  3. Wah ini sip pak tampilannya... Dibuka juga kenceng

    BalasHapus
  4. Perfect,,semakin sempurna

    BalasHapus
  5. Semakin didepan ini pak enak bacanya enak tampilannya kayak iklan he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa masuk ikan beneran... Aamiin

      Hapus
  6. Master Indra, tulisannya keren.. .Betul sekali kalau urusan dg IT apalagi tentang HTML emak menyerah krn guru gaptek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelan Pelan saja Bu
      Yg penting tetap menulis setiap hari, nanti pelan Pelan gapteknya hilang.

      Hapus
  7. Makin bagus ruangannya mas Indra. Agak luas yaa? Ditunggu tutorialnya

    BalasHapus
  8. Memang luar biasa keren naluri keingintahuan pak Indra Keren, sekeren namanya...selamat pakmeski harus berlama-lama didepan laptop tapi jika hasilnya ssseuai dengan harapan pasti memuaskan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Pak, rasanya puas bisa merubah template blog.
      Terimakasih sudah mampir

      Hapus
  9. Yg suka ngoprek2 blog emang lain..

    BalasHapus
  10. Semangat sekali pak Indra ini belajar blog, lanjutkan

    BalasHapus
  11. Tinggal fokus aja Pak, Lelah juga ngoprek terus tp seru sih tambah ilmu

    BalasHapus
  12. Tetap semangat ngoprek, Pak. Belajar dari kesalahan akan menjadikan lebih baik.

    BalasHapus
  13. Belum bisa praktek ngoprek blog kayak Pak Indra.

    BalasHapus
  14. Membayangkan saja jadi berkeringat, mengingat saya belum berhasil mengoprek blok, karena masih takut hilang gambarnya. Mencoba terus....iya lama mudengnya ya....lagian kadang lihat di you tube tidak sama dalam urutannya mengubah tema....COba- kapan-kapan dishare dengan artikelnya Bung Indra.

    BalasHapus
  15. Bagi yang berjiwa muda ngoorek adalah hal yang menyenangkan. Sementara bagi saya ngoprek blog hampir gak ada jatah. Posting tiap hari aja itubsudah untung. Belum lagi baca postingan teman dan koment. Butuh waktu. Keren bang indra. Andaikan aku bisa

    BalasHapus
  16. Wah makin keren saja, Pak.
    Udah belajar html, mungkin bentar lagi pakai CSS.

    Mari sama-sama belajar, Pak.

    BalasHapus