Kamis, 11 Februari 2021

UPDATE COVID ada di Blog!

Hasil dari saya Ngoprek Blog membawa keberkahan. Benar kata orang, siapa yang mau belajar pasti akan mendapatkan hasilnya. "siapa yang menanam benih, pasti akan memanen buahnya" heheheh... 


Hampir satu minggu saya mencari tahu tentang Ngoprek Blog. Merubah template, belajar "mencari sendiri" tentang HTML, siap kecewa, siap error, siap marah, namun saya juga siap berhasil. 

Perlahan namun pasti bahasa HTML bisa dipahami alurnya. Sampai saya melihat widget di website YPTD tentang UPDATE COVID. Widget yang memberikan info terkini tentang jumlah pasien terdampak Coviid di Indonesia. Hal tersebut membuat saya ingin punya juga di blog saya.

Saya coba dekati dengan kursor, kemudian saya klik, pada akhirnya saya dibawa menuju sebuah blog yang memberikan saya ilm atau indormasi tentang widget tersebut. Blog tersebut bisa pengunjung setia jarimisterindra temui di kopi.dev

Bagi yang ingin mengetahui kode HTMLnya, bisa dicopy kode HTML di bawah ini :

<div id="kopi-covid"></div> <script> var f = document.createElement("iframe"); f.src = "https://kopi.dev/widget-covid-19/"; f.width = "100%"; f.height = 380; f.scrolling = "no"; f.frameBorder = 0; var rootEl = document.getElementById("kopi-covid"); console.log(rootEl); rootEl.appendChild(f); </script>

Setelah kita memiliki kode HTMLnya, sekarang yang harus kita lakukan adalah menuju halaman layout pada dasbord blog.

Ikuti langkah sederhana yang saya buat ini :

Pertama pilih Add a Gadget

Kemudian, pilih HTML

Isi judul dan copy pastekan script HTML di atas

Ikuti langkah seperti panduan di atas, saya bisa pastikan setelah teman-teman mengklik save pada tampilan configure HTML, teman-teman sudah memiliki widget Update Covid di blog. Selamat praktek, salam Ngoprek Blog.

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren

8 Comments: