Jumat, 05 November 2021

Minat dan Bakat melalui Dunia Digital (Rangkuman)

Terus terang saya tidak tahu mau menulis resume tentang apa. Saya tahunya materi sore ini tentang mengembangkan minat dan bakat melalui dunia digital. Ohh... iya saya juga tahu narasumbernya adalah Mr Aris Ahmad Jaya (AAJ), saya mengetahuinya dari flyer yang disebarkan di grup GMLD. Hmmm... apalagi yang saya tahu yaaa? (mikir keras sambil lirik-lirik flyer). Yeesss... moderatornya Ibu Guru cantik bernama Ms Phia. Itu saja yang saya tahu, maaf yaa!

Terus terang lagi, saya tadi terlambat mengikuti pelatihan di sore hari. Saya pikir materi disampaikan lewat grup WA. Ternyata materi hari ini disampaikan menggunakan aplikasi zoom, hadeeeehh!, karena memang terlambat jadi tidak bisa beralasan lagi. Saya terlambat, titik!

Terus terang lagi dan lagi, saya sebenarnya ikut masuk zoom. Namun saat saya masuk, narasumber sedang memberikan nomor hp untuk bagi-bagi video motivasi. Saya sempat menuliskan nama dan nomor WA pribadi saya. Besar harapan saya akan menerima kiriman video motivasinya. (Paragraf ketiga ini saya tulis dengan serius, gak pakai bohong).

Terus terang lagi boleh gak! Saat saya mengetikkan tulisan sederhana ini, sudah ada empat peserta GMLD yang sudah menyelesaikan resumenya. Sebenarnya saya tidak mau mencontek, saya masih bersabar menunggu link video youtubenya. Namun, karena ada obrolan di grup yang mengatakan tim F1, maka saya ingin segera menyelesaikannya.

***

Merangkum resume teman

Pertama saya berkunjung ke tarianjemarishima, hmmm... hampir mirip namanya dengan blog sederhana saya. Setelah saya kunjungi dan komentari, saya mendapatkan ringkasan materi tentang 4T. Apa sih 4T itu? mohon izin untuk menduplikat tulisan Ibu Shima.

⏳ Titi., Pertama adalah titi atau cermati, perhatikanlah dari sekian banyak hal mana yang kita sukai. Temukan dulu apa yang kita sukai, hal apa saja yang membuat kita tertarik karena bakat bisa jadi dimulai dari hobi

⏳ Tiru, Kedua adalah tiru. Jika kita sudah menemukan orang-orang terbaik yang kita sukai, maka kita harus menyiapkan waktu untuk menirunya. Tiru saja selagi itu tidak melakukan plagiasi.

⏳ Tambah-tambahi (Modifikasi), Ketiga adalah tambah-tambahi atau modifikasi. Dalam hal ini kita dituntut untuk belajar dari banyak orang lalu kemudian tambahkan sesuai selera hehe

⏳ Temu, Keempat adalah temu. Setelah tiga komponen diatas teratasi lalu temukan lah hal yang baru, jadi bakat itu bisa kita temukan melalui temuan kita sendiri.

Setelah kita menemukan bakat kita sendiri selanjutnya galilah potensi yang ada pada diri kita tersebut agar bisa dapat bermanfaat bagi diri sendiri, terutama bagi khalayak ramai.

***

Setelah dari blog Ibu Shima, saya meluncur ke blog milik srimustarihandayani. Pada blog kedua yang saya kunjungi malam ini, saya mendapatkan yang saya ingin tuliskan juga (tapi saya tidak ingat secara urut). Pada blog Ibu Sri inilah saya menemukannya, terimakasih Ibu Sri. Mohon izin untuk menuliskan tiga hal paling penting untuk mengembangkan minat dan bakat melalu dunia digital.

Keempat hal penting tersebut adalah :

    1. Kita dikenang karena memberi bukan menerima
    2. Lakukan yang terbaik karena kebaikan yang kita lakukan akan menjadikan kita sebagian dari sejarah hidup
    3. Cintailah yang kita kerjakan, dan kerjakanlah yang kita cintai dan lihatlah keajaiban yang akan terjadi
***

Blog ketiga yang saya kunjungi adalah blog milik Ibu Nehemia. Ibu Nehemia menuliskan tentang pengertian bakat. Saya menemukan banyak arti dari bakat yang ingin saya tuliskan kembali. Pengertian bakat pertama menurut Ibu Zaitun adalah keahlian khusus atau potensi yang kita miliki dan masih perlu kita kembangkan. 

Berbeda dengan Ibu Zaitun, Ibu Mariani mengatakan bakat  sesuatu yang kita bawa dari lahir. Pak Fransisco Xaverius tidak mau ketinggalan, beliau mengatakan  bakat adalah kemampuan dasar yang dimiliki kita semua, hanya saja jika kita tidak asah tidak akan muncul karena tidak ada kesempatannya.  

Kesimpulannya bakat adalah Kemampuan bawaan seseorang bisa saja tidak mucul, jika tidak diasah atau tidak dibentuk, contohnya : emas 24 karat dalam bentuk batangan tidak akan bisa kita pakai, namun kalau dibentuk terlebih dahulu menjadi cincin, gelang, kalung dsb, maka dapat dijadikan perhiasan yang dapat dikenakan.

***

Berbeda dengan ketiga blog sebelumnya yang saya kunjungi. Blog milik Ibu Mulyanita menuliskan hal lain tentang bakat. Ibu Mulyanita menyelipkan ice breaking diakhir tulisannya. Mau tau gak ice breaking nya seperti apa?

Instruksinya : 
  1. Tulis dua angka kembar, misalkan angka 2 2. 
  2. Angka 2 pertama ditambah 7, angka 2 kedua dikurang 1. 
  3. Lalu angka terbesar dikurang angka terkecil. 
  4. Hasil dari pengurangan dikalikan dengan angka 10. 
  5. Hasilnya dikurangi 5. Lalu ditambah 1. 
  6. Hasilnya pasti 76. 
Bisa dicoba ya saat pembelajaran, pasti murid-murid akan bertanya-tanya :"KOK BISA!"

***

Terakhir saya berterus terang, resume ini merupakan rangkuman dari resume teman-teman. Hal ini saya lakukan karena memang saya tidak memiliki materi yang dalam tentang pertemuan GMLD pada hari ini. Ingin menunggu link youtube, namun belum mengudara hingga detik ini. So, Terimakasih kepada 4 orang peresume yang saya comot tulisannya sedikit-sedikit, semoga comotan saya yang sedikit ini mendapatkan restu dari pemiliknya. 

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren
See You Tomorrow 😉



32 Comments:

  1. Naah ini tulisan yang paling menyenangkan untuk dibaca. Ringan tapi informatif.. Mengaplikasikan materi hari ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Ibu Moderator sudah mampir ke blog sederhana ini...
      Sehat selalu Ms Phia

      Hapus
  2. Terus terang juga nih yaa tulisan anda keren 👏👏👏👏👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang lagi nih,
      saya ucapkan terimakasih sudah mampir di blog ini

      Hapus
  3. Luar biasa... Master Indra, berbagi cerita sambil meninggalkan rekam jejak

    BalasHapus
  4. Asli keren.. pengen dapat ilmunya. Makin hari makin mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...
      belajar menulis setiap hari, lama-lama akan mantap pada waktunya

      Hapus
  5. ini tuisannya benar-benar lengkap. Super keren 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bu
      Padahal tulisannya comot punya peserta lain.... heheheeh
      Yang lebih lengkap banyak, saya cuma belajr saja

      Hapus
  6. Balasan
    1. Yuppp betul saya memang keren...
      terimakasih sudah mampir
      Sehat selalu Bu Ros

      Hapus
  7. Ini mah tulisan master.
    Di kemas seperti apa saja tetep ringan dibaca. Kayak lapisan tango

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lapisan Tango, ratusan donk... hehehe
      Salam kenal Pak

      Hapus
  8. Arep tak contoh. Inyonge urung nulis. Wingi terserang sedikit mandan lier

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan saya contoh, saya belum menulis, kemarin sedikit kurang enak badan...

      betul gak artinya seperti itu,,,
      hehehehe

      Sehat selalu Pak Beje Guru Penjas

      Hapus
  9. Wàh... pengetahuan baru nih..
    Terima kasih pak indra ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama Guru Kreatif
      Terimakasih sudah mendarat di blog sederhana ini

      Hapus
  10. keren pa indra tulisannya selalu terbaik dan tak segan untu berbagi di grup sungguh pantas menjadi ketua GMLD 2 ayo kita sama sama belajar dan berproses menjadi lebih baik lagi

    BalasHapus