Senin, 15 Maret 2021

Paksakan! Tulis apa saja boleh.

Katanya segala hal yang dipaksakan itu tidak baik. Masa iya!

Apakah menulis itu seperti iman yang suka naik-turun. Jika sedang di atas, ibadah pasti semangat 45, namun jika sedang turun ibadah sering ditunda-tunda, bahkan mungkin ada yang sampai terlupa. Apa iya seperti itu? mungkin hanya pemikiran dangkal saya saja yang berfikiran seperti itu.

Kata paksa sendiri menurut KBBI memiliki arti paksa1/pak·sa/ v mengerjakan sesuatu yang diharuskan walaupun tidak mau.

Jika menulis berbeda dengan iman, lalu apa yang harus saya tuliskan. Apa yang harus saya tulis dengan paksaan?

Baca Juga : Malas itu hambatan yang sebenarnya

Beberapa hari ini, dimulai dari tulisan terakhir yang saya posting berjudul LUPA. Nahh.. bahkan tulisan yang saya tulis saja, judulnya sampai terlupa. Mungkinkah gara-gara saya lama tidak menulis.

Baca juga yang ini : Malas menulis datang lagi hari ini

Lalu apa yang membuat saya menulis saat ini. Terus terang saya malas menulis saat ini. Entah apa yang merasuki diriku ini, sampai saya malas sekali menuli. Padahal saya pernah menulis artikel yang jika disearch diblog jarimisterindra akan muncul beberapa artikel tentang malas. Luar biasa yaaa, saya menuliskan artikel tentang malas yang bertujuan memotivasi, eehhhh.... malah saya malas sekarang.

Menurut postingan Ibu Mayor yang saya baca tadi pagi yang berjudul Produktif Menulis, menurut beliau kegiatan menulis adalah anugerah yang harus terus dilakukan sehingga menulis bukanlah suatu keterpaksaan namun suatu kebiasaan atau habbit. Cara mensyukurinya adalah dengan terus menulis.

Tulisan dari Ibu Mayor yang saya baca tadi pagi menimbulkan semangat menulis saya kembali. Namun yang menjadi masalah adalah saya tidak menulis juga. Seakan-akan idenya ada, tapi kemauannya yang tidak ada. Kenapa ini yaa?

Akhirnya satu-satu solusi yang saya temui adalah Paksakan! Ya.. Paksakan saja, jika sesuatu dipaksakan pasti akan jadi sesuatu. Hasilnya cukup jelas sekarang, sesuatu yang dipaksakan pasti akan jadi sesuatu, seperti tulisan yang sedang teman-teman baca hingga titik terakhir ini.

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren

https://jarimisterindra.blogspot.com/

17 Comments:

  1. Nah itu dia, pemaksaan tidak selamanya buruk.

    BalasHapus
  2. Keren Pa Indra, terpaksa saja bisa jadi karya...

    BalasHapus
  3. Sesuatu yang dilakukan dengan terpaksa.Akhirnya jadi bisa.Bahkan bisa jadi sesuatu yang indah dan bermanfaat bagi banyak orang.salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Dunia Belajar...
      Terimakasih sudah mendarat di blog sederhana ini

      Hapus
  4. Ternyata paksa bisa jadi solusi yang melegenda masa. Jozz bang indera keren. Salam jari indera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Guru Penjas.... Satu dua satu dua,,,, hehehe

      Hapus
  5. Di paksakan saja keren...sesekali oerly di paksa... Hehe

    BalasHapus
  6. Kalau menulis memang harus dipaksa agar terbiasa dan menjadi kebiasaan.

    *ngomong sama diri sendiri yang suka nggak tahu harus nulis apa juga*

    Semangat ya Ndraaa...
    Eh Mister Indra 😄

    BalasHapus
  7. Betul sekali sobat. Harus dipaksakan agar jadi kebiasaan. Saya belum bisa itu he..he..he..

    BalasHapus