Kamis, 22 Juli 2021

Jangan buar, Please!

Siapa yang tidak kenal quote? suatu kalimat atau ucapan yang dianggap menarik yang berisikan ide, pendapat atau gagasan seseorang. Quote biasanya dituliskan dalam bentuk gambar. Tujuan quote dituliskan dalam bentuk gambar agar quote lebih menarik, serta mudah untuk disebar luaskan. 

Banyak quote yang bertebaran di dunia maya. Google merupakan salah satu dunia baru yang bisa mencarikan solusi apa saja. Silahkan ketikkan buar, seperti tema yang diberikan pada tantangan kammis menulis. Apa yang kita dapatkan? hasilnya tentunya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Kenapa? tidak perlu saya jelaskan, silahkan coba sendiri yaa.

Buar dalam KBBI memiliki arti suka menghamburkan uang; boros; royal. Mari kita kembali ke google untuk mencari quote tentang buar. Jika dengan kata buar tidak menemukan quote dalam google. Tentunya akan berbeda jika yang kita tuliskan pada mesin pencari adalah arti dari buar.

Boros! kata yang akan saya gunakan pada mesin pencari untuk mencari quote yang saya inginkan. Sebelumnya kata buar tidak mendapatkan hasil pencarian yang sesuai. Bagaimana dengan boros? ternyata jeng... jeng!


Yup, muncul banyak sekali quote tentang buar dalam arti kata boros. Bagaimana dengan kata royal? apakah akan menampilkan hasil yang banyak juga seperti kata boros? kita buktikan bersama.


Hasilnya keluar dalam balutan bahasa inggris. Dari hasil ini timbul pertanyaan baru, kata royal merupakan bahasa inggris atau bahasa indonesia, menarik untuk diperdebatkan. Namun, jangan sekarang diperdebatkannya, kita akan cari waktu yang cocok.

Nah, kita simpulkan sekarang yaa. Ternyata kata buar dalam tantangan kamis menulis, merupakan kata yang jarang ditemui. Bahkan saya saja baru kali ini menemukan kata buar. Namun turunan atau arti kata buar, pasti semua orang tahu. Bahkan banyak qoute yang saya temukan dalam turunan kata buar.

Bagaimana cara buar agar digunakan? tentunya harus terus diup dalam berbahasa dalam kehidupan sehari-hari. Ingat yaaa, kata buar harus dibiasakan. Namun, sifat buar tidak boleh dibudayakan (titik)

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren
See You Tomorrow



18 Comments:

  1. Good idea. I like it. Yuk kita binasakan ... biasakan untuk menggunakannya. Sehingga buar menjadi familier dan melepaskan diri dari predikat kata arkais.

    BalasHapus
  2. Betul sekali Mr. Indra, walaupun saya seorang Indonesia. Ternyata banyak kata yang belum saya tahu. Kelihatan bangetya literasinya rendah๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  3. Okay jgn buar, see you tomorrow

    BalasHapus
  4. Siap... " jangan buar please" hehe..

    BalasHapus
  5. Buar jangan dibudayakan tapi kata buar dibiasakan untuk digunakan. Ok sepakat, Pak.

    BalasHapus
  6. Senang sekali, mengenal kata2 yg langka yg diakui dan dikandangin di KBBI sbg suaka marga kata, salah satunya BUAR. Kerennya admin kamis menulis, keren juga Mas Indra si penulis.

    BalasHapus
  7. Sebenarnya mau boros itu tergantung juga sih. Kalau buarnya untuk beli buku bermutu, sedekah, atau produk kesehatan, saya kira tidak terlalu masalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah,, saya setuju dengan apa yang Pak Rizky pikirkan.
      BUar positif berarti yaaa Pak

      Hapus
  8. Betul pak Indra. Ketika kata buar diartikan royal, sy malah berpikir 2x tuh. Karena pengertian royal dlm bhs inggris berbeda dgn royal dlm bhs indonesia.

    BalasHapus
  9. Tulisannya menarik sekali Pak. Jujur saya juga adalah orang pertama yang baru mendengar kata 'Buar' betapa minim sekali kosakata saya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss Bu..
      Ibu tidak sendirian, saya juga baru tahu...
      heeheh

      Hapus