Kamis, 29 Juli 2021

Silahkan dinikmati

Tantangan kamis menulis. Biasanya Pak Bianglala, admin kamis menulis sudah memberi tantangan pada pergantian malam. Namun, hari ini harus ada colekan dari Pak Rizky untuk memantik Pak Bianglala membuat tema kamis menulis. Tidak butuh waktu lama pak guru yang tinggal di Lombok merespon colekan dari Pak Rizky dengan sebuah gambar.

Kamis menulis memang salah satu program favorit di Lagerunal. Baru saja gambar ditampilkan, langsung disambar oleh Ambu dengan sebuah pertanyaan. "Btw, yang dimangkuk itu apa? Gulai ikan kah?" tanya Ambu tidak lama gambar mengudara. Pak Bianglala yang masih stand by seakan tahu akan ada yang bertanya tentang gambar tersebut, "Sop Ikan, Ambu" jawab Pak Bianglala singkat. 

Saya yang menyimak hanya menuliskan "siap laksanakan" seraya meyakinkan diri harus dapat menaklukkan tantangan kali ini. Ibu Sriwati senada dengan saya, hanya saja beliau menggunakan sticker jempol untuk mengatakan siap.

Pak Rizky yang mencolek Pak Bianglala ikut penasaran juga. Beliau menanyakan hidangan yang diletakkan pada piring, "pecel" tulis beliau. Ambu semakin panas sepertinya, pertanyaan Pak Rizky disambut jawaban perkiraan oleh Ambu "kayaknya pecel, trus piring yang satunya oseng-oseng" tulis Ambu penuh tanda tanya.

Pak Bianglala memang tanggung jawab, beliau tidak meninggal begitu saja gambar yang baru diposting pada grup WA. Beliau menjawab "yang ada kacang gorengnya: pelecing kangkung. Piring satunya deket pepaya, beberoq". Hmm, langsung saja kata beberoq menambah rasa penasaran Saya, Ambu dan Pak Rizky.

"Beberoq" kata Pak Rizky.

"Apakah mirip karedok, di Sunda?" sambung Ambu.

"beberoq! hmm, harus tanya google nih" tulis saya setelahnya.

Beberok Terong atau timun artinya adalah terong bundar bukan terong panjang atau mentimun muda yang disajikan dalam keadaan mentah dan diris kecil yang diberikan sambal tomat yang rasanya pedas namun sedikit masam karena adanya tomat didalamnya, sedangkan untuk pemilihan terong digunakan terong yang masih muda sehinggi bijinya tidak terpisah dari kulitnya. Itu arti beberok yang saya temukan, setelah berdiskusi dengan mbah google.

Ternyata Ambu juga mencari arti beberok di dunia maya. "Hmm, yayaya..setelah betselancar di google,  terbayang nikmatnya makan siang dg menu2 tersebut" tulis Ambu seakan sudah siap melahap menu yang ada di gambar.

Rasa penasaran saya tertuju pada kuah yang ditaruh pada wadah berwarna hijau. Letaknya persih diantara tempat nasi dan segelas es segar berwarna hijau. Rasa penasaran saya membawa saya bertanya kepada Pak Bianglala, "Penasaran dengan kuah yang ada dimangkuk dekat nasi? apakah itu Pak Bianglala..." tulis saya yang ditujukan langsung ke Pak Bianglala.

Cukup lama Pak Bianglala menjawab pertanyaan saya. Hampir 25 menit waktu yang saya perkirakan, hingga akhirnya Pak Bianglala menjawab rasa penasaran saya terhadap kuah coklat dimangkung hijau. "Sayur lebui, Pak Indra" tulis Pak Bianglala singkat yang langsung memuaskan hati saya.

Diskusi ringan tentang tema yang diberikan, akhirnya diakhiri dengan tiga tulisan dari Ibu RahmaWt, Pak Rizky dan Pak Guru Penjas (Mr. Beje). "Makanan khas mana itu? Lingsar kah?" tulis Ibu RahmaWt. Ambu masih sempat menjawab pertanyaan Ibu Rahma, "Lombok, Bu.." tulis Ambu, sebelum dilanjutkan dengan tanya oleh Ambu "eh, Lingsar bagian Lombok yah?" tulis Ambu dengan tambahan emoticon nyengir pertanda bahagia.

"Wah, menu2 asing" tulis Pak Rizky yang juga saya amini dari dalam hati. Pak Beje yang sejak tadi terus typing, tulisannya akhirnya mengudara, "Interpretasi boleh benar boleh keliru. Begitukah Bang?" tulis Pak Guru Penjas alias Mr Beje. "Iya, Mr. Beje" jawab Pak Bianglala menutup diskusi ringan tentang gambar pagi ini.

***

Sampai tulisan ini mengudara sudah ada sekitar 9 (sembilan) sobat lage yang sudah memposting tulisannya. Rasanya saya ingin juga memerintahkan jemari dan otak untuk berpartisipasi, namun entah rasa kantuk dan lelah benar-benar mengurungkan perintah tersebut.

Akhirnya saya hanya bisa memposting kembali link tulisan sobat lage pada blog seberhana ini. Mohon izin yaa sobat lage, kalian luar biasa. Kobarkan semangat berliterasi, walaupun diawali dengan sebuah gambar menu makanan dari Lombok NTB.

LIST POSTINGAN #KamisMenulis Edisi 29 Juli 2021:

1. Mazmo 

https://eigendomo.com/maafkan-aku-nak/

2. Iis Yuliati 

https://buahpenailalang.blogspot.com/2021/07/kehangatan-yang-kian-memudar.html

3. Indri

https://yukindrimenulis.blogspot.com/2021/07/selamat-makan.html

4. Ambu Tini

https://ambuguru.blogspot.com/2021/07/menahan-godaan.html

5. Endah Win                                                                                                     https://endahwin04.blogspot.com/2021/07/kisah-di-balik-daun-pandan-foto.html 

6. E. Hasanah

https://hasanahhalima.blogspot.com/2021/07/teleletkamis-menulis.html

7. Rizky Kurnia Rahman

https://rizkykurniarahman.com/kisah-fiktif-dua-istriku-berdamai-karena-ini/

8. Ai Setiawati 

https://aisetiawati2019.blogspot.com/2021/07/status-palsu-yang-menyedihkan.html

9. Pipit 

https://pipitfiharsi.blogspot.com/2021/07/tempat-kembali.html


Lanjut!

Saya berharap bisa menuliskan nama saya pada urutan nomor 10. Semoga bisa terkabul dan terlaksana keinginan saya tersebut. Oh iya, tema kamis menulis kali ini adalah gambar bercerita. Gambarnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. 


Menggugah selera bukan! kira-kira apa yang bisa saya tulis dengan tema gambar seperti di atas. Irisan pepaya berbentuk dadu, pelecing kangung, Beberok, Sop Ikan, Ikan goreng, Air es kelapa berwarna hijau, Sayur Lebui, Nasi, Kerupuk dan kotak tisu dipojok meja makan. Hmm, segini dulu tulisan dari saya, semoga saya mendapatkan ide untuk mengeksekusi tantangan kamis menulis yang sudah tereksekusi. Aamiin

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren
See You Tomorrow

13 Comments:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hahaha.. unik juga tulisan Mas Indra, resume dari percakapan grup tentang tantangan kamis menulis. Mantuul Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh... bingung mencari idenya Ambu
      Akhirnya hanya ada ini

      Hapus
  3. Iya kreatif juga guru yang satu ini. Terimakasih pak Indra. Anda hebat.

    BalasHapus
  4. Alhamdulilah akhirnya masuk list juga Pak Indra..keren tulisanya..kreatif juga..

    BalasHapus
  5. Iya, Pak, jangan dipaksa juga kalau memang mengantuk dan butuh istirahat.

    BalasHapus
  6. Akhirnya dapat resume percakapan di grup tanpa harus scrol-scrol, eh 😄

    BalasHapus
  7. Ide tulisan keren Pak. Membidik dari sisi yang berbeda. Pak Indra keren memang keren!

    BalasHapus