Sabtu, 01 Agustus 2020

Mempelajari Video Editing untuk Guru Kreatif dengan Lightworks

Assalamu'alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh

Selamat Pagi Para Pejuang Pendidikan, Perkenalkan saya Indrakeren dan ini blog pertama saya beserta postingan perdananya.

Pada masa PANDEMI seperti saat ini, kita para pendidik dituntut menjadi super kreatif dalam memberikan materi pembelajaran. Kenapa harus kreatif, karena proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara Pembelajaran Jarak jauh memaksakan para pendidik untuk keluar dari zona nyamanya. Biasanya perlengkapan kita semua hanya materi di kepala, buku paket atau LKS di tangan, serta dipersenjatai dengan marker atau kapur putih maupun berwarna, dan yang paling penting adalah pengalaman mengajar di kelas bersama peserta didik.

Pengalaman Saya selama melakukan Pembelajaran Jarak Jauh benar-benar luar biasa, Banyak media aplikasi online yang Saya coba untuk menyampaikan pembelajaran agar mudah dipahami peserta didik, seperti Whatsapp, Video Call, Skype, Zoom, dan membuat video di Youtube Saya telah coba. Alhamdulillah semuanya Saya lakukan dengan enjoy, terutama pengalaman membuat Video dan kemudian video tersebut di upload ke Youtube. Terus terang itu merupakan pengalaman baru dan memberikan efek candu buat Saya.

Dimulai corat coret materi pada kertas kosong, kemudian dilanjutkan merekam Video sederhana, mengedit yang awalnya pusing 7 keliling, sampai pada proses upload dan disaksikan oleh peserta didik itu menjadi kepuasaan tersendiri, Seriusss !! Untuk itu Saya ingin berbagi sedikit ilmu melalui tulisan ini, semoga ilmu yang sedikit ini bisa memberikan satu referensi dalam mengajar untuk para pejuang pendidikan. Semangat !!!

Baiklah, seperti judul pada blog perdana Saya "Mempelajari Video Editing untuk Guru Kreatif dengan Lightworks". Lightworks merupakan aplikasi editing video. Kenapa harus Lightwork jawabannya adalah karena GRATIS dengan kemampuan PRO tanpa WATERMARK "jadi kita tidak perlu tippu tipu mencari crack untuk menghilangkan Watermarknya" dan mudah digunakan ini yang paling penting serta ukuran aplikasi ini sangat kecil tidak sampai 80 KB. 

Pada tulisan perdana Saya ini, Saya ingin berbagi tentang bagaimana menggunakan Lightwork dimulai dari prosess download sampai merender video yang sudah diedit, hhhmmm... semacam tutorial sederhanalah.

Ok, Kita mulai yaaa... Pertama kita akan mendownload aplikasinya di https://www.lwks.com/. Setelah berkunjung ke Websitenya kita akan disuguhkan tampilan seperti ...

Nah, ini tampilan Website Lightwork, Aplikasi Editing Video GRATIS...TIS..TIS.

Langkah kedua mendownload Aplikasinya, iyaaa donk masa gak di download. Caranya gampil banget, kita hanya perlu mengklik link download dan pilih sesuai OS yang kita gunakan di Laptop kita, kalau Saya pilih yang versi windows.
    

Nah.... sekarang kita sudah punya aplikasi Lightwork di Laptop kita, tapi belum terinstall. Untuk cara menginstallnya, Saya akan tulis caranya pada tulisan yang kedua. Itu dulu sedikit ilmu dari saya,  Terimakasih atas kesediaanya membaca tulisan ini dari awal sampai akhir. Semoga ada manfaatnya serta dapat menambah referensi kepada para pejuang pendidikan dalam melakukan metode pembelajaran kepada peserta didik.

Wassalamu'alaikum Warrohmaullahi Wabarokatuh



7 Comments:

  1. Waah bner pak buat vidio bner2 posing .hehe .btuh waktu yg lm n ksbran jg.tp stlh vidio d nikmti siswa.waaw bhgia terasa

    BalasHapus
  2. Wah tutorial ini, mau dong tulisan ke 2 nya..

    BalasHapus
  3. Terima kasih Pak informasinya. Gratis tapi kemampuan pro. Boleh dicoba ini.

    BalasHapus
  4. Tetap semangat menulis, Pak Keren!

    BalasHapus
  5. Kutunggu kutunggu, selalu..., tulisanmu yang ke dua akan kutunggu. Semanagat Bang Indra Keren

    BalasHapus
  6. Bener nih, biasanya repot-repot cari crack biar nggak ada watermark. Jadi pengen coba ...hehe

    BalasHapus