Jumat, 07 Agustus 2020

Diskusi Santai bersama Orangtua Keren

Assalamu'alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh

Silaturrahmi itu menambah rezeki, Amin

Selamat Pagi para pembaca, semoga selalu sehat, semanngat, dan bahagia dalam melakukan aktifitas setiap hari serta selamat berwisata membaca di blog sederhana ini.

Teman-teman, karena saya sedang Belajar Menulis di group WA gel 15, rasanya apa yang sedang saya lakukan ingin cepat saya tuangkan ke dalam bentuk tulisan, harus curi curi waktu untuk mencicil mengelarkan ide dari dalam otak kecil saya. Manfaat belajar menulis saya rasakan sekarang, saya memang baru beberapa hari ikut dalam group ini, akan tetapi otak saya selalu berjalan untuk merangkai kata secara otomatis. Semoga menjadi kebiasaan yag produktif bagi saya.

Hari ini saya bangun lebih awal, sekitas pukul 3.00 saya sudah membuka mata untuk menyambut pagi. Ada acara yang isimewa dengan caranya yang tidak biasa. Hari ini di Sekolah saya diadakan pertemuan Orangtua Siswa dengan Wali Kelasnya (Main Teacher), kenapa saya bilang istimewa karena pada momen ini kami bisa saling mengenal, membahas apapun yang ingin dibicarakan dan tentunya bersilaturahmi ini poin paling penting.

Pertemuan yang istimewa ini menjadi tidak biasa karena situasi dan kondisi yang mengharuskan kami bertemu secara virtual dengan bantuan Aplikasi Zoom. Ada yang berbeda memang, namun informasi yang disampaikan tersampaikan dengan baik dan suasana yang cair membuat pertemuan hari ini terasa manfaatnya.

Ohhh... Iya Teman-teman, perlu saya informasikan bahwa dari awal saya mengajar sampai detik ini, saya diberikan amanah oleh kepala sekolah untuk menjadi wali kelas di kelas 6. Awalnya saya merasa berat untuk menjadi wali kelas di kelas 6, namun berkat dukungan kepala sekolah, rekan guru dan kerjasama yang baik dengan orangtua, saya bisa bertahan selama 8 tahun mengajar dan menjadi wali kelas di kelas 6.

Pertemuan ini dijadwalkan pukul 8.00, akan tetapi mundur beberapa menit karena saya yang gaptek Zoom (bukan gagap teknologi, tetapi gaptek Zoom), beberapa kali saya salah mengklik para orangtua siswa yang sudah masuk, padahal murid saya tahun ini tidak terlalu banyak, hanya 4 orang siswa ,... hehehe, tapi tetap saja karena saya kurang familiar dengan aplikasi zoom jadinya trouble deh. (Maafkan saya wali murid).

Materi yang disampaikan sebagai pembuka tentunya tentang visi dan misi sekolah, budaya sekolah serta beberapa tata tertib yang ada di Sekolah. Selain itu ada juga materi tentang pendalaman karakter siswa yang bertujuan untuk melihat potensi dirinya yang dikemas dalam Multiple Intellegence, yang menurut Howard Garder setiap anak itu unik yang memiliki satu atau lebih kecerdasan, kecerdasan yang menonjol pada dirinya dapat digunakan untuk menggembangkan kecerdasan yang lainnya.

  

Kebiasaan bisa terjadi jika hal itu dipikirkan, diucapkan, dilakukan, dan akhirnya menjadi kebiasaan yang terus diasah sehingga menjadi keseimbangan diri. Hal itu menjadi budaya yang tercipta di KeenKids, budaya yang terinspirasi dari Stephen Covey dalam bukunya The Seven Habits".

Silaturahmmi kami ini diakhiri dalam sesi tanya jawab, Orangtua menyampaikan masukkanya, bertukar informasi dan saling mendukung serta mendoakan satu sama lain. Tidak lupa diingatkan tentang Pembelajaran Jarak Jauh yang sedang dilakukan, menurut saya banyak hal positif dari PJJ walaupun ada berita berita yang neggatif. PJJ memang tidak optimal, tapi kita sebagai pendidik harus tetap maksimal dalam pemberian materi belajar.

Terimakasih

Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


0 Comments:

Posting Komentar