Kamis, 01 April 2021

B_aja deh!

Lagerunal hari ini ramai sekali. Sempat beberapa hari Lagerunal sepi sunyi bagaikan grup misteri. Namun hari ini Lagerunal semarak serta bersahut-sahutan antar anggotanya. Jika ramai seperti ini, pasti ada sesuatu yang menggoda untuk dieksekusi.

Keributan dimulai pada waktu indonesia bagian lombok. Seperti biasa empunya #kamismenulis memberikan sebuah tema. Tema kali ini cukup menggelitik dipelupuk mata, karena tema #kamismenulis bermain A-B-C lima dasar. Permainan jaman dahulu ketika masih minum es kebo sepulang sekolah. 

Setelah undian diputar, keluarlah sebuah huruf yang istimewa. Kenapa istimewa? karena huruf ini merupakan huruf yang terbentuk dari gabungan angka 1 dan 3. Yaaa.... benar tema menulis kali ini adalah huruf B.

Sampai tulisan ini mengudara sudah ada 18 postingan yang masuk ke dalam list #kamismenulis. Mungkin jika tidak ada halangan tulisan yang saya tulis ini akan menjadi yang ke-19. Dari ke-18 postingan yang dituliskan, 14 postingan sudah selesai saya kunjungi, sudah saya baca serta sudah saya berikan komentarnya. Hanya saja postingan nomor 4 tidak bisa saya berikan oleh-oleh berupa cemilan pada kolom komentarnya.

Apa yang ingin saya tulis?

Seluruh postingan yang sudah saya baca menarik sekali. Mulai dari Puisi, Curhat, Motivasi, Inspirasi, Ilmu kesehatan, Prestasi, Religi, Tradisi, dan empat postingan yang belum saya baca. Semuanya konsisten menggunakan "B" dalam setiap temanya. Lalu apa yang akan saya tulis? Hmmmm....  B_aja deh!😊

B_aja deh!

Huruf B unik yaaa! Bentuknya memiliki dua perut atau bisa juga seperti yang seperti saya sebutkan di atas, bahwa huruf B dibuat dari gabungan angka 1 dan 3. Heheheh... itu hanya imajinasi saya saja.

Lalu pernah terpikir tidak tentang sejarah huruf B. hahahaha.... Sebenarnya saya malas memikirkannya, namun kok gemes juga yaaa membayangkannya. Kira-kira Pak Cip bisa menjawabnya tidak, kebetulan beliaukan ahli sejarah. hihihihihi...

Menurut penelusuran Retina pribadi saya, huruf B merupakan huruf kedua dalam urutan alfabet latin. Berdasarkan sejarah, huruf B diperoleh dari suatu piktogram mengenai denah rumah yang menjadi salah satu aksara dalam hieroglif mesir atau disebut juga sebagai aksara proto-sinalitik. Mantap yaaa sejarah huruf B.

Sejarah Huruf B

Hasil mengais di luasnya dunia maya

Huruf kecil yaitu (b) dikatakan berasal dari bentuk huruf tegak bersambung yang dikenal dalam Romawi, saat para penulis atau dalam Romawi disebut sebagai juru tulis mulai mengabaikan bentuk lengkungan atas pada bentuk huruf kapitalnya, maka terciptalah huruf B kecil berupa (b).

Terlihat beberapa perbedaan bentuk dalam huruf B pada tipe romawi modern, huruf B pada italik modern, dan huruf B bersambung yang modern.

Huruf B sendiri seringkali dianggap mirip dan membuat orang orang salah sangka dengan huruf dalam bahasa Jerman yang bentuknya mirip yaitu ß yang biasanya digunakan untuk menggantikan ss.

Huruf ß dalam bahasa Jerman tersebut pada dasarnya adalah sebuah jenis huruf ligatur yang banyak dipakai dalam penulisan gaya Jerman, kecuali di wilayah Swiss. Huruf tersebut melambangkan bunyi /s/ atau dalam tulisan ditulis sebagai ss atau sz. Jika huruf ß tersebut tidak ada, maka huruf S yang ditulis dua kali tadi dapat dipakai begitu saja. (sumber)

Informasi huruf B yang saya dapatkan jangan ditelan mentah-mentah yaaa, kalau bisa digoreng atau direbus terlebih dahulu. Heheheheheh...

Penutup

Itulah B_aja deh yang saya tuliskan. Artikel ini dituliskan sebagai menuntaskan tantangan #kamismenulis dan sebagai syarat agar nama indrakeren dapat diputar oleh Ibu R174.

Terakhir sebelum saya selesaikan tulisan ini. Besar harapan saya tulisan ini banyak mendapatkan komentar yang dituliskan pada kolom komentar. Biasanya artikel yang diposting pada saat bulan sudah mengudara, akan mendapatkan komentar seadanya. Itu saja pesan saya, semoga B_aja deh yang saya tulis dapat memberikan kebahagiaan untuk para pembaca setia jarimisterindra. 😊

#aprilchallengelagerunal

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam indrakeren
See You

33 Comments:

  1. komen pertamax

    Informatif B_aja dehnya :)

    BalasHapus
  2. Dari satu hurup "B" bisa menjadi tulisan keren,,sesuai namanya Indrakeren,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh... jadi malu nih... heheheh

      Terimakasih sudah mampir Bu

      Hapus
  3. B aja lagi komennya. Bagus Banget.. tulisan yg informatif ttg sejarah huruf B.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok-besok tulis sejarah huruf yang lain ... ah!

      Hapus
  4. Benar-benar kereeennn tema apapun kalai dieksekusi sama Mister Indra Keren...

    BalasHapus
  5. Dangas menginpiratif pak, sy tertarik dgn yg berjaln sukses pk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga tertarik dengan Si Hijau...
      Makanya saya undang ke grooup sederhana ini

      Hapus
  6. Lho, kok pesimis kalau komentarnya sedikit? Hehe... Padahal kenyataannya memang sedikit, hehe..

    Saya mau tanya, apa itu es kebo sepulang sekolah? Baru dengar istilah es kebo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Es Kebo itu adalah minuman semacam es Mambo/es plastikan yang ada di warung. Biasanya isinya teh/susu/sirup.

      Nah kenapa namanya es Keboo, karena ukuran es yang biasa saya minum sepulang sekollah, ukurannya itu besar dan agak coklat (teh) pekat... hehehehehe

      Jadilah dipanggilnya es kebo.

      Begitu Pak Rizky

      Hapus
  7. Saya usul judulnya diganti B Bung Indra aja deh....saya perhatikan dikotak komentar ini saya merasa diawasi kaos hijau.....salam dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang Si Hijau itu spy yang saya letakkan di blog sederhana ini

      hhehehehehe

      Hapus
  8. Hampir pukul 12 malam waktu Indonesia bagian Lombok. Hampir berlalu tanpa ninggalin jejak, tapi akhirnya komen juga karena takut dikejer bapak-bapak baju hijau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAktu Indonesia bagian Lombok... heheheh
      untungnya komentar, jika tidak !!! disamperin Si Hijau sampai ke Lombok

      Hapus
  9. Pancen Bang Indera makin Oye aja. Be aja jadi tulisan Ber jalan terus juga gak pernah capek tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oyeee...oyeeee
      Mungkin, kalo jalan di tempat tidak apek Pak Beje

      Hapus
  10. B (BAGUS) bangeet...
    Berjalan terus dari blog ke blog, oleh-olehnya pasti sudah banyak di tasnya itu 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah mulai berat kelihatannya, karena kkebanyakan oleh-oleh
      hehehehe

      Terimakasih sudah mendarat Bu

      Hapus
  11. Saya lebih suka mendapat nilai B meskipun mendapat nilai A itu membanggakan. Sebab, memperoleh nilai B tidak memilii "beban" moral seberat A. Udah pasti lulus, tapi enjoy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga lebih suka dapat nilai selain A Pak D...
      karena memang jarang sekali saya mendapatkan nilai A...
      hehehehehehe

      Hapus
  12. B_aja ternyata tidak sekadar huruf B. Informatif Pak Indra. Terima kasih.

    BalasHapus
  13. Keren sangat Pak Keren. Jadi tambah wawasan ttg huruf B. Walaupun B-aja tapi ternyata panjang riwayatnya.
    Itu siHijau Kacamata apa tidak capek melangkah?😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Nini

      Insyaallah tidak lelah melangkah

      Hapus
  14. informatif dan makin keren blognya pak indra

    BalasHapus
  15. Sqya baru tahu tentang hurup B terimakasih adikku yg selalu informatif dan berbagi ilmu.

    BalasHapus