Jumat, 02 April 2021

Cara back up dan import Konten dari Blogger ke Blogger

Lagerunal benar-benar komunitas yang hidup. Sembilan bulan saya berkutat dengan dunia literasi digital hanya Lagerunal yang siap menjawab semua pertanyaan dengan cara yang mudah dimengerti. Banyak para monster.. ehhh master maksud saya! Yang pastinya siap membantu dalam hal keilmuan dunia blog. Mulai dari yang receh, hingga yang sulit dipahami. heheheheh.... maaf!

Tentunya ilmu-ilmu yang bertebaran pada grup Lagerunal siap dieksekusi kapan saja oleh para anggotanya. Bahkan jika kita ada pertanyaan seputar blog, para master siap menjawab kapan saja dimana saja! Terimakasih Lagerunal.

Hari ini seorang Sobat Lage berkunjung secara langsung ke WA pribadi saya. Sobat Lage yang mahir dalam melatih ekstrakurikler Drumband di Sekolahnya ini biasa saya panggil Ibu Ai Drumband.

Awalnya ada postingan podcast yang beralamat di https://anchor.fm/susilowati-susi2/episodes/Parasamya-Suratma-Nugraha-KPJB-eu0cjj. Saya klik link tersebut, isinya seperti penghargaan bagi sobat literasi seluruh Indonesia (semoga saya tidak salah). Ada ketertarikan diri untuk bertanya bagaimana caranya saya bisa bergabung. Lama tidak ada jawaban dari kelanjutan postingan tersebut, hilang sudah informasi tersebut terpendam dengan postingan lain.

Penyelamat datang menghampiri bernama Ibu Ai Drumband. Beliau menanyakan perihal keinginan saya tersebut, tanpa pikir panjang saya tanyakan bagaimana caranya. Ehhh... jawaban beliau malah menyuruh saya bertanya kepada Pak Brian. heheheheheh. Pak Brian iki piye?

Percakapan terus berlanjut hingga pada pemberian tiga buah link blogspot milik Ibu Ai. Beliau menginginkan ketiga blog tersebut digabungkan menjadi satu. Ingin rasanya langsung membantu, namun apa daya kumandangan Adzan memanggil untuk segera ke Masjid untuk menunaikan Ibadah Sholat Jum'at. Saya berjanji setelah Sholat Jum'at saya akan membantu beliau untuk menggabungkan blog tersebut menjadi satu.

Namun beberapa artikel yang saya kunjungi tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Kebanyakan dari artikel yang saya temui adalah cara memindahkan konten dari blog satu ke blog lainnya. Menurut pemikiran saya, hal tersebut hampir mirip dengan apa yang diinginkan Ibu Ai Drumband. Akhirnya saya putuskan membuat postingan tersebut dalam bentuk pdf. 

Semoga artikel ini bisa membantu kesulitan Ibu Ai Drumband serta para sobat Lage pada umumnya. Terimakasih.

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren

5 Comments:

  1. Artikel yang keren Mas Indra..terima kasih

    BalasHapus
  2. Pa Indra selalu keren tulisannya..

    BalasHapus
  3. Terimakasih Oak Indra..tulisan yang bermanfaat..

    BalasHapus
  4. Maaf...batu dibuka, takutnya ntar salah klik terus pada hilang deh. Bismilah...dicoba...makasih sobatku

    BalasHapus