Sabtu, 10 April 2021

Jari Mister Indra

Ada apa dengan Jari Mister Indra?

Judul yang saya tuliskan penuh dengan makna, cieeee...😁. Tiga kata yang membuka dunia menulis. Tiga kata yang mengantarkan saya menjadi blogger. Tiga kata yang setiap hari saya kunjungi.

Awal kisah

Semua bermula saat mengetahui ada kegiatan menulis. Kegiatan yang dilakukan dengan cara bergabung ke grup wa. Setelah mencari informasi kesana-kemari mencari alamat, loch kok jadi lirik lagu. Akhirnya bergabung juga ke grup menulis pada bulan Juli 2020.

Peraturan pertama dalam grup tersebut harus memiliki blog. Hmm... blog ya, sebenarnya saya sudah pernah memiliki blog, namun entah dimana keberadaannya sekarang. Peraturan tersebut saya coba penuhi dengan cara membuat blog baru. Tiadk terlalu sulit untuk membuat blog, karena banyak sekali tutorial yang bertebaran di dunia maya.

Yeeey.... akhirnya berhasil membuat blog. Blog tersebut saya beri alamat di https://indrawahyuddin239.blogspot.com/. Setelah blog jadi, mulailah saya berselancar di dunia maya. Satu persatu narasumber memberikan materi. Hari demi hari terlewati. Sampai jumlah tulisan bertambah banyak. 

Brand!

14 September 2020, yaaa saya yakin itu tanggalnya. Tanggal dimana seorang motivator dengan empat orang anak tanpa gadget menjadi narasumber. Materi yang dibawakan beliau bertemakan BRAND, sengaja saya tuliskan dengan huruf kapital biar terfokus,

Beliau memaparkan bahwa penulis blog juga harus memiliki brand. Seperti apa BRAND? Bagaimana membuatnya? BRAND dan Branding apakah sama? Tujuan brand untuk apa? semua pertanyaan itu bisa sobat Lage dapatkan pada tulisan saya yang berjudul INI BRANDING KU! MANA BRANDINGMU?

Bertransformasi

Dari pemaparan bapak empat anak tanpa gadget tersebut saya mulai berfikir tentang brand. Kira-kira apa yaaa brand yang ingin saya fokuskan? Apakah fokus ke dunia pendidikan atau fokus ke dunia teknologi. Dua hal tersebut sedikit-sedikit saya bisa pahami. Jika memang berfokus ke pendidikan dan teknologi, lalu apa nama alamat blognya? apakah https://indrawahyuddin239.blogspot.com/ cocok untuk tema tersebut.

Mulailah saya memformulasikan nama alamat blog yang keceh. Mulai terpikirkan menggunakan kata pena di depan kata indra, namun nanti seperti alamat blog Mr. Bams. Terbesit menambahkan kata labs dibelakang nama indra, namun saya tidak mengajar di Labschool seperti Omjay. 

Pada akhirnya kata yang saya ambil adalah jari. Ya jari! Jari yang manusia miliki. Jari yang ada lima di tangan kanan dan lima di tangan kiri. Jari yang biasa kita kenal dengan sebutan jempol, telunjuk, tengah, manis dan kelingking. Kata itu yang saya letakkan di depan kata Indra.

Ibu saya pernah memberi tahu, jika memberi nama anak kalau bisa terdiri dari tiga kata. Alasannya adalah agar saat membuat passport tidak perlu menambahkan nam orangtua. Atas dasar itu akhirnya saya mencari kata ketiga untuk menemani Jari Indra.

Tidak memerlukan waktu lama, saya akhirnya menambahkan kata Mister diantara kata Jari Indra. Jadilah nama blog sederhana yang saya miliki adalah jarimisterindra.

Arti sebuah nama

Seperti yang saya sebutkan di awal. Jari Mister Indra terdiri dari tiga kata. Jari, Mister dan Indra. Masing-masing kata memiliki artinya masing-masing. Mau tau gak artinya apa? Sebenarnya tidak terlalu penting sih, bagaimana mau tau yaahhh? (sedikit nada memaksa)

  1. Jari! Banyak arti, banyak makna, banyak istilah, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari jari. Bisa jadi jari merupakan anggota tubuh yang sangat dekat dengan kita. Dekat disini artinya sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Berdasarkan hal itulah, saya menggunakan kata jari pada alamat blog saya. Harapannya semoga blog ini bisa dekat dengan pembaca setianya. 

  2. Mister! Mister dalam bahasa inggris artinya bukan Bapak. Arti Mister dalam bahasa inggris adalah Tuan. Hmm... apakah Tuan dan Bapak memiliki arti yang sama? Terus teranga saya tidak tahu.

    Penggunakan kata Mister sebagai salah satu kata pada alamat blog pastinya memiliki arti tersendiri. Delapan tahun saya menjadi seorang guru di sekolah swasta, Sekolah KeenKids namanya. Di sekolah tersebut seorang guru laki-laki dipanggil dengan sebutan Mister, walaupun saya tidak terlalu fasih dalam berbahasa inggris tetap saja saya dipanggil Mister. (terkadang jadi minder sendiri saya...)

  3. Indra! Masa iya kata Indra perlu saya jelaskan. Hmm... serius nih perlu dijelaskan. Baiklah kalau begitu, saya akan menjelaskan kata Indra dengan singkat, padat dan jelas serta dalam tempo sesingkat-singkatnya. Indra adalah nama saya (titik). 😉

Nah... itulah sebuah proses blog sederhana ini bertumbuh. Semua bermula dari titik nol, kemudian bertumbuh sedikit demi sedikit. Banyak tulisan yang berserakan dengan tema acak-acakkan di blog sederhana ini. Besar harapan suatu saat tulisan-tulisan tersebut bermanfaat bagi pengunnjung blog jarimisterindra.

#aprilchallengelagerunal

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren
See You

18 Comments:

  1. Mantuuul... jd tahu asal usul nama blog Mas Indra...

    BalasHapus
  2. Lucu sekali cara penyajiannya, sukses selalu y

    BalasHapus
  3. Jari yg keren, menghasilkan tulisan keren, semoga yg baca ikut keren

    BalasHapus
  4. Sejarah nama blog nya ya pak Indra.

    BalasHapus
  5. AADJ menjawab semua proses membuat blog Pak Indra. Mantap Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh... bisa aja, AADJ saya pikir tadi apa...

      Hapus
  6. Jadi begitu ceritanya..?? Keren siiihhhh...

    BalasHapus
  7. Insyaallah tulisan yang dihasilkan dari ketulusan hati untuk berbagi akan memberikan manfaat yang penuh arti.

    BalasHapus
  8. Ohh, begitu ya sejarahnya blog ini punya domain seperti itu. Lebih bagus lagi, kalau dibikin langsung dotcom, Pak. Misalnya jarimisterindra.com. Itu akan lebih mengangkat sisi personal atau personal branding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh... pinginnya begitu Pak.
      Pakai (.)com atau apalah yang berbayar...
      Namun, masih banyak alasan Pak. hehehe

      Hapus