Senin, 12 April 2021

Cara (Otomatis) Menggabungkan File-file Microsoft Word menjadi Buku

Menulis pada aplikasi Microsoft Word mungkin sesuatu yang sudah biasa. Hampir setiap hari kita sering menggunakan aplikasi penolah kata ini. Menurut data, aplikasi ini sudah didownload sebanyak 1 milliar kali di dunia dan kita menjadi bagian dari hal ini, Wooowwww!

Terus terang saya mengenal aplikasi ini sudah semenjak duduk di sekolah tingkat pertama. Walaupun hanya menggunakannya pada saat praktek komputer saat itu. Kini penggunaan Misrosoft Office bisa dibilang hampir setiap hari. Ada saja yang dituangkan dalam aplikasi yang dikembangkan oleh mantan programmer xerox yang bernama Charles Simonyi dan Richard Brodie ini.

Kegiatan menulis yang sedang digeluti sejak bulan Juli, menambah kedekatan saya dengan aplikasi yang hadir sejak tahun 1993 ini. Proses menulis yang dituangkan dalam blog, kemudian diswasunting pada Microsoft Word memang menjadi mudah dan rapih. File demi file tersimpan dalam format (.)doc yang merupakan jenis file otomatis yang tersimpan pada aplikasi ini.

Semakin banyaknya file dengan label sama, membuat timbul keinginan untuk membukukannya. Biasanya file yang akan dijadikan buku berjumlah (+/-) 30 file Microsoft Word. 

Proses menggabungkannya cukup memakan waktu. Satu per satu file dibuka, kemudian di copy-pastekan menjadi satu file yang akan dibukukan. Yaaa... saat itu saya menggunakan cara manual yang jelimet, bikin mata pusing (hhmmm, kepala apa mata yang pusing sebenarnya 😁😂).

Kejelimetan saya dalam menggabungkan beberapa file Microsoft Word kini tidak terjadi lagi. Ibu R174 pada program public speaking PGRI memberikan tutorial dalam paparannya. Ada enam tutorial yang dijadikan materi oleh beliau, namun fokus saya tertuju dengan tutrorial meggabungkan file Microcotf Word dengan sangat mudah.

Ibu R174 menjelaskan dengan sabar dan jelas. Bahkan beliau tidak sungkan-sungkan untuk mengulang kembali penjelasnnya disaat beberapa peserta masih bingung. Tutorialnya bisa dilihat kembali di alamat https://www.youtube.com/watch?v=AFGs2lrW-Q8&t=7415s. 

Namun jika kuota yang dimiliki terbatas, mungkin tutorial yang saya buat ini bisa dijadikan alternatif.

Nah... itu tutorial retjeh yang saya buat terkait pengeditan file microsoft word. Semoga apa yang saya berikan dapat dipraktekkan pengunjung blog sederhana ini. Terimakasih Bu R174 yang sudah berbagi ilmunya pada program public speaking PGRI. Sehat selalu.

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren
See You

2 Comments:

  1. Mantap Pak Indra Action dan langsung berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bu Rita,
      Materi ini menggerakkan saya untuk mencoba
      Kemudian saya ikat dengan tulisan

      Hapus