Senin, 12 Oktober 2020

Belajar Menghitung penjumlahan dalam Pecahan

Assalamualaikum sixGrade

Hari ini kita belajar dengan cara yang berbeda.

Hari ini Mr Indra akan memberikan materi tentang menghitung penjumlahan pada pecahan di dalam blog sederhana ini.


Untuk menghitung operasi penjumlahan pada pecahan diperlukan pemahaman dasar dari bentuk pecahan berikut akan Mr Indra jelaskan cara penjumlahan pecahan biasa dan pecahan campuran. Ayo dibaca, dipahami, ditanyakan dan jangan lupa dikomentari.


Menjumlahkan Pecahan Biasa

Penjumlahan pecahan biasa bisa dilakukan dengan memastikan penyebut dari setiap bilangan pecahan adalah sama, Jadi jika ada perbedaan dengan nilai penyebut pada salah satu pecahan, penjumlahan pada pecahan tidak dapat dilakukan. Untuk melakukan penjumlahan dengan penyebut yang berbeda, maka harus disamakan terlebih dahulu penyebut pada masing masing bilangan pecahan. Cara menyamakan penyebut pada bilangan pecahan biasa agar bisa dilakukan penghitungan penjumlahan pecahan adalah dengan cara mencari nilai KPK dari penyebut pada pecahan tersebut.

Contoh Soal :

1. Penjumlahan pecahan dengan penyebut yang sama


Pada contoh soal diatas bisa kita lihat proses penghitungan penjumlahan pada pecahan biasa dengan penyebut yang sama sangatlah mudah, cara pengerjaannya hanya menjumlahkan pembilang dengan pembilang serta memindahkan penyebutnya (karena penyebutnya sudah sama yaitu 5)

2. Penjumlaha pecahan dengan penyebu yang berbeda


Nahhh ada yang berbeda dengan soal nomor dua, pengerjaannya lebih panjang dan perlu ketelitian dalam menjawabnya. Mengapa? Karena pada soal nomor dua penyebut dalam bilangan pecahan berbeda, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. 

Bagaimana menyamakan penyebut dalam soal penjulahan pecahan. 
Caranya sangat mudah, yang pertama kalian bisa menyamakan penyebut dengan cara mengallikan antar penyebut, kemudian pembilang dikalikan dengan penyebut dengan cara menyilangkannya, pada contoh diatas bisa Mr Indra jelaskan 4 x 3 = 12, kemudian 5 x 2 = 10, maka 12 dan 10 adalah pembilang baru yang didapat dari perkalian silang, kemudian penyebut dengan penyebut dikalikan (5 x 3 = 15), 15 menjadi penyebut yang baru, maka hasilnya adalah 22 per 15. Ingaaaat jika dalam pecahan pembilang lebih besar dari penyebut, maka pecahan tersebut bisa diubah menjadi pecahan campuran. 

Oke sixGrade, itulah cara menghitung penjumlahan pada pecahan
Sekarang mari kerjakan soal yang sudah Mr Indra siapkan disini.
Jangan lupa absen di kolom komentar Blog Sederhana ini yaaa...

Salam Literasi, Salam Matematika

0 Comments:

Posting Komentar