Selasa, 19 Januari 2021

Publiic Speaking for Teacher : Ice Breaking Kak Kusumo

ZOOM - Selasa, 12 Januari 2021 para guru hebat Indonesia kembali bertatap muka dalam program Public Speaking for Teacher. Omjay beserta para peserta berkomitmen untuk memulai acara pada malam itu pukul 19.00 wib. Pada pertemuan Public Speaking for Teacher kali ini narasumber yang akan menemani para peserta adalah Kak Kusumo. Beliau merupakan trainer nasional tentang ice breaking.


Menurut Mbah google secara bahasa, ice breaking artinya "memecahkan es". Es identik dengan beku/kebekuan. Jadi, ice breaking artinya memecah kebekuan atau mencairkan suasana, agar lebih riang, gembira, tidak bikin ngantuk atau membosankan.

Kalau dipilih kegiatan yang cocok, ice breaking bisa menjadi momen yang efektif untuk memfasilitasi opening, bahkan kesuksesan sebuah acara secara keseluruhan.

Pada pertemuan malam itu Kak Kusumo banyak memberikan praktek ice breaking yang dapat digunakan oleh para guru hebat Indonesia. Mulai dari ice breaking simple hingga yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi semua ice breaking yang saya dapatkan.

Agar lebih mudah dipraktekkan, maka ice breaking akan saya rekam menjadi beberapa video. Sebagai berikut :
  1. Tepuk Konsentrasi


  2. Tak Kenal maka Ta'aruf


  3. Senam Jari


  4. Tentukan Posisi


  5. Menggapai Bintang

Bagaimana, sudah menyaksikan video ice breaking yang saya buat? Bagus tidak saya nya... hehehehee. Maksud saya ice breakingnya! Kalo saya sudah pasti tidak bagus, namun saya sudah pasti keren.... 😀😀

Yukk Kita kombinasikan pembelajaran dengan memberikan ice breaking pada awal pembelajaran. Agar suasana belajar penuh dengan kecerian serta semangat. Ingaattt!!! Jangan memberikan tugas yang banyak dan teruusss menerus. Peserta didik juga butuh refresh otak untuk menumbuhkan semangat belajarnya kembali. Salah satu caranya adalah memberikan ice breaking.

Salam Kenal
Salam Literasi
Salam Indrakeren

12 Comments: