Kamis, 03 Desember 2020

Apakah Blog Media Sosial? dan Apa itu Histast ?

Selamat siang teman-teman LAGERUNAL. Seperti biasa dalam program kamis menulis ada satu tema yang menjadi dasar penulisan. Tema yang ditentukan oleh Pak Brian pada program kamis menulis kali ini adalah Media Sosial. Ohh.. Iya tulisan dalam program Kamis Menulis ini bisa berupa Artikel, Puisi, Pantun, Pentigraf, Cerpen fiksi dan lain-lain. Jadi tema yang sudah ditentukan bebas dituliskan dalam bentuk apapun. So... ini tulisan saya pada program Kamis Menulis 😉


Apakah blog merupakan media social?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita cari tahu terlebih dahulu Media Sosial itu apa! Menurut Mbah Google yang menanyakan ke Pakde Wikipedia menyatakan bahwa Media sosial merupakan sebuah media daring yang digunakan satu sama lain dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Nah.. Sekarang sudah jelas yaa, bahwa Blog merupakan media sosial. Jika sudah sepakat bahwa blog adalah Media Sosial, maka tidak akan salah jika saya menuliskan Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog dengan Histats, karena masih sesuai dengan tema Program Kamis Menulis yaaa.

Blog yang merupakan sebuah media sosial tentunya akan didatangi oleh banyak pembaca. Para pembaca datang dengan berbagai alasan, misalnya datang karena memang informasi blog menarik, tampilan blog yang memikat atau bisa juga pembaca kenal dengan pemilik blog jadi pembaca datang karena undangan dari pemilik blog serta berbagai alasan lainnya.

Salah satu hal yang membuat menarik tidaknya sebuah blog adalah tampilan blog. Tampilan blog bisa diatur dengan berbagai macam template yang disediakan oleh blog. Selain template blog masih ada layout yang bisa diatur oleh pemilik blog, serta ditambakan beberapa gadget atau widget yang membuat tampilan blog menjadi lebih menarik.

Salah satu ilmu tentang tampilan blog yang baru saya dapat adalah Histats.com. Apa itu Histats.com? Histats.com merupakan website penyedia yang diciptakan untuk menghitung jumlah pengunjung suatu website atau blog dengan tampilan yang animatif. 

Bagaimana cara memesang Histats di Blog?

Cara pemasangan Histast cukup mudah. Langkah-langkah pemasangan Histats sebagai berikut :

Tampilan Histats.com

  1. Login ke Histats.com
  2. Register dengan menggunakan email aktif
  3. Histats akan mengirimkan aktivasi web yang harus diverivikasi ke email 
  4. Klik aktifasi yang dikirimkan Histats ke email
  5. Masukkan nama alamat blog kita
  6. Pilih jenis animasi stast yang diinginkan
  7. Copy kode HTML
  8. Pastekan kode HTML tersebut ke Gadget HTML yang ada di Blog
Untuk lebih jelasnya bisa ikuti petunjuk dalam Video berikut!!


Jadi, Ayo terus menulis setiap hari, berikan manfaat kepada para pembaca serta selalu Amati Tiru Modifikasi hal-hal yang ada disekeliling kita, karena bisa jadi apa yang kita ketahui tidak diketahui orang lain atau sebaliknya yang orang lain sudah tahu kita yang belum tahu. Maka jadikan Blog sebagai Media Sosial untuk saling berbagi Ilmu Baru bersama-sama. 

Terimakasih, 
Salam Kamis Menulis
Salam Literasi
Salam Indrakeren

24 Comments:

  1. Uih...... ngoprek blog teroooosss. Joss

    BalasHapus
  2. Trimks... Ilmunya luar biasa keren
    Nanti dicoba

    BalasHapus
  3. Wah terima kasih share ilmunya

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. hehehehe...
      Saya memang keren Bu.... kan indrakeren

      Hapus
  5. Tetimaksih pak.. Ilmunya..
    Pak pingin gbung ke legerunal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ke web nya saja Bu, di sebelah kanan web saya ada logonya,, ibu tinggal klik saja....

      Hapus
  6. Wah patut si coba nih jd makin seru ngeblognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. siippp Ibu Rita..
      saya banyak belajar dari Ibu Rita

      Hapus
  7. Pa Indra memang keren,,,boleh dong bagi ilmunya

    BalasHapus