Jumat, 04 Desember 2020

Jualan Buku dalam bentuk "Sachet" di storial.co

Kerenkan judul tulisan saya!!!

Kata Saset (Sachet) dalam kamus Bahasa Indonesia memiliki arti kantong atau paket kecil yang terbuat dari plastik, biasanya digunakan sebagai kemasan kopi, susu, shampo, pewangi pakaian serta sekarang pampers-pun ada kemasan sasetnya. Lalu bagaimana dengan Jualan Buku dalam bentuk "Sachet" seperti judul tulisan ini?

Berlliant Yotenega

Tentunya menjual buku secara saset hanya sebagai kiasan saja. Saya dapat kalimat tersebut dari seorang penulis dan CEO dari nulisbuku.com dan storial.co, yaitu Mas Brilliant Yotenega atau biasa disebut Mas Ega dalam acara AISEII Writing Club edisi bulan Desember. Mas Ega ini yang mencetuskan jualan buku dalam kemasan sachet atau ketengan. Maksud dari kata ketengan adalah menjual buku yang bisa dibeli per bab. 

Tambah bingung yaaa!!!

Jadi awalnya begini. Mas Ega yang merupakan penulis yang memiliki beberapa kekhawatiran yang pertama dengan mahalnya harga buku di toko buku, kedua berhubungan dengan istilah paperless untuk mengurangi penggunaan kertas dan yang terakhir adalah berdasarkan kisah nyata yang disaksikan oleh Mas Ega, bahwa adanya penumpukan buku di gudang penerbit terhadap buku-buku yang tidak laku dijual,yang pada akhirnya buku-buku tersebut akan di daur uang kembali, padahal biaya mencetak buku sangat mahal. Dari kekhawatiran itulah tercetus ide untuk membuat dua website tersebut.

Dua website tersebut mewadahi kepada para penulis untuk menuliskan ceritanya secara online. Tanpa disadari kehadiran dua website ini amat sangat diminati oleh para penulis. Pada dua website tersebut, khususnya storial.co penulis dapat menuliskan ceritanya secara bertahap, kemudian tulisan tersebut bisa diakses secara gratis oleh para pembaca.

Apakah semuanya bisa dibaca Gratis!!!

Semua tulisan bisa dibaca dengan gratis! ini serius... Cerita dalam storial bisa dibaca secara gratis, namun tidak semua bab bisa dibaca secara gratis. Hehehee.... Paling tidak kita sudah membaca beberapa bab secara cuma-cuma dan ketika kita tidak mau membayar untuk bab berikutnya tidak masalah.

Cerita yang sedang saya baca!

Cerita yang sedang saya baca berjudul Truth or Dare, sebuah kisah yang menarik dan tentunya Gratis hingga bab ke 20. Setelah Bab ke 20, jika saya ingin melanjutkannya saya harus membayarnya.

Disini yang namanya saset atau ketengan!

Cerita yang sudah tidak Gratis harus kita beli dengan menggunakan coin storial.co. Apa coint storial? Coin storial adalah alat tukar yang digunakan pembaca untuk menikmati atau melanjutkan cerita yang sedang dibaca. Bagaimana cara mendapatkan coint storial tersebut? Caranya dengna membeli pada link yang sudah disediakan pada web storial.co.

Cerita yang kita beli dengan storial coin tidak harus kita beli seluruh isi buku. Cerita tersebut bisa kita beli hanya setiap bab yang ingin kita baca. Nahhh... hal tersebut yang menarik perhatian saya, sampai saya menuliskan tulisan ini. Jualan Buku secara saset/ketengan/diecer, menarik bukan!.

Jadi kita hanya membeli cerita pada bab yang ingin kita baca. Jika bab tersebut sudah selesai dibaca, kelanjutannya terserah pembaca!!! Apakah ingin menyudahi membaca cerita tersebut atau membeli kembali bab berikutnya untuk melanjutkan ceritanya. Semuanya terserah Anda!!!

Apakah kita bisa bergabung menjadi penulis di storial?

Apakah kita bisa menjadi pembaca saja di storial?

Jawabannya bisa dan mudah cara registrasinya. Ayo bergabung dengan storial.co!


Salam Literasi, Salam Indrakeren

9 Comments:

  1. Oh seperti yg sudah dilakukan beberapa situs ttg novel online? Awalnya gratis kemudian berbayar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh yaa seperti itu bu...
      tapi ada juga yang semua bab nya GRATIS tanpa dipungut biaya...!!!

      Hapus
  2. Wow keren pa infonya πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  3. Jangan lupa follow Akun saya: mazmo di Storial, ya, Pak Indra 😁

    BalasHapus
  4. Bagus jUga idenya semoga bisa diterapkan banyak penulis buku

    BalasHapus
  5. Keren..pengen jualan tp blm punya sachet yg dijual

    BalasHapus
  6. hmm...sangat menariiik
    kayak drakor di iq.com..beberapa seri terakhir berstatus VIP; utk bs mengaksesnya harus bayar dulu
    tapi ada juga drama yg gratis utk full seri

    BalasHapus