Sabtu, 12 Desember 2020

"Kudu" bisa jadi Narasumber

Selamat malam kawan-kawan indrakeren. Hari ini merupakan hari sabtu yang tidak biasa. Tepat pukul 09.00 Pak Brian mengirim pesan lewat WA. Isi pesannya sederhana, namun maksud dan tujuannya membuat saya jiper.

Isi pesannya seperti ini "Selamat pagi Pak Indra, Apakah bapak mau mengisi #sabtublogging? Hari ini. Mohon maaf mendadak". Jawaban saya cuma "Waduh jangan saya Pak". Namun dalam lubuk hati yang paling dalam "apa iya saya bisa", sempat berfikir untuk tidak menerima permintaan Pak Brian, namun Pak Brian WA lagi "soalnya nggak ada orang lagi Pak". Waduuuuhh...!

Akhirnya saya putuskan dan bilang kepada Pak Brian "Kasih saya waktu satu jam untuk buat materinya ya Pak, nanti jam 10 saya kabari". Kalimat tersebut terkirim ke Pak Brian, jawaban Pak Brian "Wahh asyikk...". Pak Brian asyikk, saya-nya pusing mau buat materi apa!!!!

NGOPBLOG!

Apa yang mau disampaikan kira-kira. Mungkin, file Ms Powerpoint juga bingung melihat saya, sebentar aplikasi saya buka, sebentar aplikasi saya tutup, saking bingungnya saya. Namun Pak Brian selalu menemukan jalan keluar, beliah mengatakan "materinya yang simple-simple aja". Akhirnya saya putuskan untuk menceritakan pengalaman saya Ngoprek Blog yang sedang saya lakukan beberapa minggu kebelakang.

Judul Materi pertama saya menjadi Narasumber



13:30 dan Kamera tidak Aktif

Deg..deg..an, serius saya tegang. Untuk pertama kalinya memberikan materi pada teman-teman Literasi dunia maya. Biasanya saya tinggal duduk manis mendengarkan narasumber bicara, ehhhh... sekarang kebalikannya, saya yang menyampaikan. 

Laptop seakan-akan ikutan tegang seperti pemiliknya. Tiba-tiba kamera tidak bisa aktif, padahal sebelumnya bisa. Akhirnya saya pakai Hp untuk menjelaskan materi saya dengan bantuan Pak Brian menjadi operator slidenya. Untungya saya didampingi oleh moderator berpengalaman seperti Ibu Rita, jadi alhamdulillah semua kegiatan berjalan lancar sampai acara selesai.

Ada beberapa peserta yang bertanya (padahal saya berharap gak ada yang tanya). Tentunya saya dibantu Pak Brian dan Ibu Rita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak mampu saya jawab. (narasumber tapi gak bisa jawab pertanyaan...😁. heheheh itu lah saya masih serba terbatas ilmunya).

Ada yang buat Resumenya (yeeeyyy.... 😉)

Seperti webinar atau belajar menulis bersama Omjay, tentunya akan ada resume yang dibuat oleh peserta. Namun saya tidak mengharapkan hal itu terjadi pada diri saya. Apalagi Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional tidak mewajibkan setiap materi diresumekan

"Pak ,,, mohon izin save tutorial nya bapak di blog saya" WA dari nomor tidak dikenal, namun beliau memberikan link blognya. Saya klik link blog tersebut, surprise!!! materi saya diresumekan sama pemilik blog, yang akhirnya saya ketahui bernama Ibu Yusni. Ini link materi saya yang Ibu Yusni resumekan.

Apa yang ingin saya berikan kepada Ibu Yusni, karena sudah meresumekan materi saya. Ingin memberikan buku, saya belum ada buku. Ingin memberikan sertifikat, siapalah saya sampai mengeluarkan kertas tersebut. Mau kasih apa ya??

Banner/Header untuk Ibu Yusni

Saya perhatikan blognya. Apa ya kira-kira yang bisa saya berikan kepada Ibu Yusni. Sebuah ide muncul saat blog Ibu Yusni belum ada banner/header nya. Saya buat saja banner/header untuk Ibu Yusni sebagai oleh-oleh karena sudah meresumekan materi saya. Terimakasih Ibu Yusni. (saya lihat bannernya sudah dipasang di blognya)

Ilmu Kudu dari Bapak

Yang ada dikepala saya saat menerima tawaran dari Pak Brian adalah bismillah. Bapak pernah berpesan, Jika kamu tidak bisa, kamu pelajari. Jika kamu bisa, sebarluaskan. Jadilah saya sebarluaskan sedikit pengalaman yang saya punya dengan menggunakan ilmu Kudu dari bapak saya. Kudu bisa pokoknya, Kudu maju jangan mundur, bismillah Kudu jadi.

Terimakasih Pak Brian, Ibu Rita serta rekan-rekan keren Lagerunal, semoga pengalaman saya yang sedikit ini ada manfaatnya. Jika ada kekurangan semga bisa saya jadikan pelajaran agar bisa menjadi lebih baik lagi. Aamiin (kaya bakalan disuruh lagi jadi Narsum lagi Ndra!!, hehehehe)

Salam Literasi, Salam Indrakeren



4 Comments: