Senin, 21 Desember 2020

Pelatihan 1 : Microsoft Teams Asik

Belajar sepanjang hayat! Belajar dimana saja! Belajar kapan saja! Belajar sama siapa saja! Apalagi kira-kira kalimat semangat tentang belajar yang bisa ditambahkan dalam paragraf awal tulisan saya ini.


Paragraf awal saya di atas merupakan salah satu motivasi saya untuk selalu konsisten untuk terus meningkatkan kompetensi diri. Semenjak pandemi dan bergabung dengan komunitas menulis, keinginan saya untuk mencari ilmu baru bersama-sama seperti menemukan jalannya. Entah sudah berapa ilmu baru yang saya dapatkan selama pandemi ini. Mulai dari ilmu menulis, membuat resume, membuat blog, membuat channel youtube, mempercantik tampilan blog, menambahkan widget, apalagi yaaa!!! Benar kata-kata dalam Al Quran, "Jika kita menghitung nikmat yang diberikan kepada kita, niscaya kita tak akan sanggup, karena sangat banyaknya". 

Hari ini saya mendapatkan ilmu baru yang asyik, kenapa saya katakan asik? jawabannya karena apa yang saya pelajari saat ini sangat bisa membantu kegiatan belajar mengajar baik online maupun offline. Ilmu yang saya pelajari bernama Microsoft Teams yang terbungkus dalam Microsoft Education Center (MEC) atau Microsoft Innovatif Education (MIE).

Dalam acara yang dilaksanakan pada pukul 13.00, hari ini dipandu oleh Bapak Hamdi dan Master Triner kita tentu saya Bapak Tri Budi Santoso. Sayangnya Ibu Dedeh tidak bisa bergabung pada kesempatan hari ini, karena ada kegiatan di Sekolahnya, semoga besok beliau bisa hadir pada pelatihan hari ke dua.



Ohh iya, banyak juga teman literasi di dunia maya yang saya kenal dalam pelatihan ini. Ada Ibu Aam yang selalu memotivasi, Ada Ibu Capri dari AISEI, Ada Pak Toad rekan untuk saling berbalas komentar di blogdan masih banyak lagi teman literasi dunia maya yang hadir. Selain teman literasi di dunia maya ada juga teman-teman dari sekolah tempat saya mengajar, Ms Yessy, Ms Rani, Mr. Imam dan Mr Riza (Namun Mr Imam tidak bisa hadir pada pelatihan hari ini, karena Bapak Mertuanya meninggal dunia, kita doakan semoga Bapak Mertua kawan saya Khusnul Khotimah, Aamiin).

Materi yang diberikan Pak Tri hari ini sangat menarik. Beliau memandu kita dengan sabar, bahkan bisa dibilang sabar sekali. Pak Tri memberikan panduan yang terperinci dan urut, membuat kami yang mengikuti pelatihan ini bisa memahami apa yang diajarkan Pak Tri. Materi yang diajarkan Pak Tri antara lain :

  1. Login ke education.microsoft.com
  2. Cara mengerjakan course
  3. Melihat pencapaian Redeen Code
  4. Memasukkan Code Redeen
  5. Melihat Transkip
Selain belajar di education.microsoft.com kita juga diajarkan mengetahui fitur dalam microsoft teams, sebagai berikut :
  1. Menginstall aplikasi microsoft teams
  2. Membukan microsoft teams secara online lewat browser
  3. Membuat kelas di microsoft teams
  4. Membuat channel di microsoft teams
  5. Membuat Teams di dalam Teams (ini harus saya explore lagi, karena masih kurang paham .... heheheh)
  6. Posting materi
Tanpa terasa materi yang berdurasi 2 jam terasa kurang, karean banyaknya peserta yang ingin berinteraksi langsung dengan Bapak Tri untuk menanyakan beberapa hal yang ingin diketahui. Lagi-lagi Bapak Tri menjawab semua pertanyaan dengan sangat sabar, sehingga kami semua yang hadir sangat terpuaskan dan mendapatkan ilmu baru lagi hari ini. Terimakasih Bapak Tri dan Bapak Hamdi semoga ilmu yang diberikan dicatat sebagai amal kebaikan. Untuk teman-teman seperjuangan ... Ayooo kita belajar dengan sungguh-sungguh agar ilmu yang kita dapatkan bisa kita sebarluarkan dan praktekkan dalam aktifitas mengajar kita di semester ke dua.

Salam Literasi
Salam Indrakeren


3 Comments: