Selasa, 01 Desember 2020

Menambahkan Gadget/Widget pada Blog

Senang rasanya jika tulisan kita banyak disukai oleh pengunjung. Apalagi sampai ada yang request untuk diajarkan atau dibuatkan tutorialnya. Seperti pada tulisan saya yang berjudul "Kecanduan!Mempercantik Blog" kemarin. Hal tersebut membuat saya bahagia dan memiliki keinginan untuk memposting tulisan yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, pada tulisan saya kali ini ingin membuat panduan menambahkan gadget/widget pada blog khusus tentang memasukkan gambar. Sama persis seperti yang ada pada tampilan blog saya di sebelah kanan layar pembaca.

Memasukkan gambar di sebelah kanan

Caranya akan saya tuliskan sebagai berikut :

Cara menambahkan Gadget/Widget Gambar pada Blog
  1. Masuk ke Dashboard blog 
    Dashboard blog
  2. Klik Layout/tata letak
    Tampilan Layout/tata letak blog

  3. Tambahkan Gadget/Widget dengan cara klik Add a Gadget
    Klik Add a Gadget

  4. Akan muncul halaman Add a Gadget pada layar
  5. Cari Gadget Image, kemudian klik tanda tambah
    Klik tanda tambah untuk memasang Gadget Image
  6. Pada halaman Comfigure Image, isikan beberapa hal yang diperlukan seperti :
    Lengkapi halaman Configure Image

    1. Title : Judul Image 
    2. Caption : Kosongkan saja 
    3. Link : Jika gambar ingin ditujukan ke halaman website tertentu, maka isikan link tujuan (misalkan ingin ditujukan ke channel youtube pribadi, maka dapat dicopy pastekan link tujuan pada kolom link ini)
    4. Image from your computer : Masukkan gambar koleksi pribadi yang ada di komputer
    5. Terakhir Save
  7. Lakukan cara 1 sampai dengan 6 untuk menambahkan Gadget/Widget Image lebih dari satu.
Selamat anda telah berhasil membuat atau menambahkan Gadget/Widget pada blog Anda. Teruslah mencoba untuk mempercantik blog Anda secara berkala, karena itu yang saya lakukan kepada blog sederhana ini dengan cara mencari ilmu baru bersama-sama. Terimakasih semoga bermanfaat.

Salam Literasi, Salam Indrakeren

2 Comments: