Minggu, 29 November 2020

5M dari Bang Ippho

Dulu pernah saya membeli buku yang berjudul 7 Keajaiban Rezeki yang ditulis oleh Ippho Santosa. Buku yang memiliki ketebalan cukup lumayan dengan cover yang mewah, membuat buku tersebut cocok sebagai hadiah untuk seorang teman. Yaaa... Buku itu memang saya beli untuk seorang teman yang memiliki hobbi membaca. Tepatnya saya membeli buku itu pada tahun 2015 awal (kalau tidak salah).  

Gambar 1

Pagi ini saya mengikuti sebuah webinar. Webinar yang saya dapat informasinya dari sebuah WA group. Dalam group tersebut diberitahukan akan diadakan Webinar tentang Percepatan Rezeki yang akan disampaikan oleh Ippho Santosa. Pikiran saya langsung ter-flash back terhadap apa yang saya sudah lakukan pada tahun 2015 tersebut.

Webinar dilaksanakan pada Minggu 29 November 2020, pukul 09.30 wib dengan menggunakan aplikasi Zoom. Saya datang agak terlambat ketika itu, namun tetap mendapatkan materi dari Ippho Santosa secara lengkap dari awal hingga akhir. Materi tersebut akan saya Resumekan dalam blog sederhana ini, semoga bisa menjadikan manfaat untuk saya pribadi dan umumnya kepada para pembaca. 

Gambar 2

Siapa yang tidak membutuhkan Uang?  
Uang bisa digunakan untuk apa?  
Kenapa harus selalu Uang? 
Uang...uang...uang terus!!!!.

Jawabanya karena memang uang memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Namun menurut beliau Uang merupakan tahapan paling kecil dalam rantai rezeki. Beliau mengatakan Uang yang dimiliki harus bisa memberikan Nikmat bagi pemiliknya dan bagi lingkungan sekitarnya. 

Gambar 3

Untuk mengubah uang menjadi sebuah kenikmatan, Mas Ippho memberikan 5M untuk bisa kita praktekkan. Apa 5M tersebut??
  1. Move, Menurut beliau setiap makhluk yang bergerak akan dihampiri Rezeki. Move yang diterapkan Mas Ippho dapat dibedakan menjadi tiga yaitu : Gerakan besar, Gerakan kecil dan Gerakan minimum. Apa maksud dari ketiga gerakan tersebut.
    1. Gerakan Besar merupakan cara kita pindah dengan maksud merantau atau hijrah. Menurut beliau manusia perlu melakukan gerakan besar dalam arti merantau, karena dengan merantau kita bisa membuktikan mampu beradaptasi dengan lingkungan baru.
    2. Gerakan Kecil merupakan cara kita bergerak dalam lingkaran yang lebih kecil. Lingkaran yang kecil tersebut bisa diartikan aktifitas kita dalam keseharian yang berangkat bekerja.
    3. Gerakan minimum merupakan Gerakan kaum milenial yang booming seperti sekarang ini. Hanya dengan menggunakan Jempol bisa menghasilkan sesuatu yang jempolan.
  2. Meaning, Menurut Mas Ippho setiap apa yang kita lakukan harus memiliki makna dan harus didasari dengan niat yang baik, sehingga besar harapan kita agar dapat dihampiri rezeki dengan lebh terbuka. Seperti yang diutarakan seorang murid yang di Aamiini oleh Gus Baha, menurut beliau Jadilah seorang Pengusaha agar bisa membantu lebih banyak orang dan bisa beribadah lebih banyak. Karena dengan menjadi pengusaha kita bisa banyak menghasilkan CUAN (Cari Uang Anak Nungguin) dan CUAN (Cinta Untuk Allah dan Nabi)
  3. Mood, Menurut Mas Ippho manusia itu makhluk yang bergantung dengan Mood. Jika Mood nya bagus apapun yang dilakukan akan berdampak positif namun jika Mood nya jelek pasti akan mendapatkan kebalikannya. Untuk mendapatkan Mood yang baik bisa dilakukan dengan cara, sebagai berikut :
    1. Taklukkan hati sendiri sebelum hati yang lain
    2. Mengundang rezeki yang tidak disangka-sangka
    3. Memancing Ide baru 
    4. Menjaga stamina tubuh
    5. Bagian dari baik sangka dan amal saleh
  4. Mentor, ini yang paling menarik menurut saya dalam webinar ini. Menurut Mas Ippho, Mentor dalam segala hal sangat diperlukan, karena dapat menghasilkan percepatan dalam apa yang ingin kita capai.
  5. Morning, saya sempat bingung dengan M yang kelima, karena arti dari M yang kelima adalah Pagi. So, apa hubungannya dengan Rezeki dan Morning. Mas Ippho menjelaskan, Morning merupakan sebuah keajaiban yang diberikan Allah kepada kita. Masih menurut beliau Rezeki itu datang pada pagi hari karena Pagi itu Hati kita masih bersih. Rezeki datang di pagi hari melalui beberapa hal :
    1. Ibadah, Tahajud
    2. Bangun sebelum subuh
    3. Baca Al Quran  
    4. Lakukan dan biasakan dalam kehidupan sehari hari, insyaallah akan timbul banyak Ide baru yang akan membuka banyak pintu rezeki
Itu hal yang saya dapatkan dalam webinar hari ini. Tentang pembuka pikiran saya tentang hal-hal yang dipraktekkan dalam percepatan rezeki. Yang saya surprise adalah M yang kelima, karena M yang kelima sering sekali diingatkan oleh bapak saya "kak, tahajud dan duha dua rakaat saya setiap pagi". Pesan tersebut masih terngiang di kuping saya, namun belum bisa saya praktekkan. Semoga dengan ilmu baru yang saya dapat hari ini dan ingatan pesan dari bapak tentang hal tersebut, bisa memotivasi saya untuk mempraktekkan ilmu yang saya dapatkan hari ini.

Salam Literasi, Salam Indrakeren

6 Comments: