Senin, 30 November 2020

Kecanduan! Mempercantik Blog

Kecanduan!

Kata pertama yang muncul pada tulisan saya kali ini bukan sembarangan. Kata tersebut seolah-olah memacu saya untuk berbuat lebih tentang hobbi baru saya, yaitu Menulis. Kecanduan menulis yang ditularkan oleh Guru Blogger Indonesia (Omjay) serta terus dimotivasi dengan berbagai komentar positif oleh teman-teman literasi membuat kegiatan baru ini sangat nikmat dijalani. Alhamdulillah kecanduan yang positif.

Sabtu lalu Pak Brian memberi kecanduan saya yang kedua dalam dunia menulis di Blog.  Memang kecanduan yang ini tidak melulu tentang menulis, namun masih berhubungan denagn dunia menulis atau kita sebut berhubungan dengan dunia literasi saja yaa. Dalam materinya Pak Brian memberitahukan cara mengelola blog dengan baik, dimulai dari membuat baris menu, merubah template serta memberikan informasi tentang header dan footer.

Pada tulisan saya sebelumnya yang berjudul Ilmu dari Pak Brian. Saya banyak menulis tentang membuat baris menu. Kali ini saya ingin berbagi tentang membuat Header agar tampilan blog kita semakin menarik dan rapih. 

Pertama kali saya memiliki blog. Blog saya tidak ada headernya, hanya tulisan judul "Jari Mister Indra" serta deskripsi "Mencari Ilmu baru bersama-sama", hanya itu. Kecanggihan teknologi membuat saya mencari tahu cara mengubahnya, sehingga saya temukan sebuah cara yang dapat merubah header pada blog saya. Header saya saat itu bisa diubah menjadi format jpeg (gambar)

Header berformat Jpeg

Nahh. Sabtu kemarin dalam komunitas Lagerunal. Pak Brian memacu diri saya untuk meningkatkan kreatifitas dalam mengelola blog. Akhirnya blog saya utak-atik sendiri, sehingga dapat terlihat lebih menarik. Saya ubah themanya, warnaya, jenis tulisannya, tata letaknya, backgroundya, serta tak lupa saya tambahkan beberapa gambar. Khusus gambar header sampai saya harus mengeditnya di aplikasi photoshop.

Hasil dari edit gambar pada photoshop membuat saya kecanduan dan betah berlam-lama di depan layar komputer. Saya utak-atik komposisi warna serta letak agar tampilan ideal dan proposional. Klak-klik., klak, klik., putar, geser, perbesar, perkecil hingga akhirnya menghasilkan tampilan header yang cukup baik menurut saya.

Header baru!

Tidak sabar rasanya untuk mengeksplor lebih banyak lagi tentang dunia blog. Agar tampilan lebih menarik dan sejuk dipandang mata. Bahkan sempat terbesit untuk menggunakan domain yang berbayar, tapi hal itu buru-buru saya urungkan. Maksimalkan dahulu yang ada saat ini, semoga hal sederhana ini bisa memberikan manfaat untuk pribadi serta teman-teman semua.

Salam Literasi, Salam Indrakeren




23 Comments:

  1. Keren! Tetap semangat mencandu ilmu baru, Pak!

    BalasHapus
  2. Pak indra...mantap. Pengen belajar ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoooo BU
      Bareng bareng belajarnya, biar seru!!!

      Hapus
  3. Kreatif itu butuh kesabaran, keuletan dan ketelatenan. Dan itu ada di diri Bang Indrakeren. Tinggal di tularkan ilmunya ke kira2 ya ....hehehe

    BalasHapus
  4. Mantap Pak Indra. Makin memesona nih tampilannya😀

    BalasHapus
  5. Bgmn menyimpan gmbar di headr ny pa?! Kl ud maen photoshop sy blm bisa 😓

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga lagi belajar pelan pelan Bu,
      Ayooo belajar bersama sama

      Hapus
  6. Master Indra...mau dong ilmunya??? Blog luar biasa keren...

    BalasHapus
  7. Master Indra...mau dong ilmunya??? Blog luar biasa keren...

    BalasHapus
  8. Woooww.. mantab. Saya juga sedang coba2 boleh ambil trick nya ya pak..

    BalasHapus
  9. candunya luar biasa ini...tambah keren aja
    Mau ngiri...
    nggak jadi ah..nganan aja wkwkwk

    BalasHapus