Kamis, 12 November 2020

Mengapa Saya Harus Menulis ?

Kurang lebih lima bulan saya menulis diblog. Kegiatan tersebut saya lakukan bermula dari sebuah buku yang direkomendasikan seorang teman. Buku tersebut berjudul "Pena Digital Guru Milenial". Salah satu penulis di buku tersebut adalah teman yang merekomendasikan buku tersebut. Timbul pertanyaan dalam diri "Teman saya saja bisa menulis, kemudian tulisannya bisa dicetak serta diterbitkan menjadi buku". Dari pertanyaan itu saya mulai mencari dan bergabung di komunitas menulis bersama OmJay.

Dalam komunitas tersebut saya menapatkan banyak sekali input yang dapat memotivasi saya untuk menulis setiap hari. Ya..setiap harii, dan tepat hari ini tulisan saya ternyata sudah tembus diangka 100 postingan. Berarti bisa diartikan dalam lima bulan saya menulis, setiap bulannya saya bisa menulis 20 tulisan.

Kembali sebuah pertanyaan muncul "Kenapa saya harus menulis ?" Saya coba peras otak saya untuk mencari alasan yang tepat untuk menjawab pertanyaan yang saya buat sendiri tersebut. Perasan otak saya menghasilkan jawaban dari pertanyaan Kenapa Saya Harus Menulis ?, yaitu :


  1. Meningkatkan kecerdasan
    , Secara tidak langsung, kegiatan menulis memaksa otak kita untuk terus berfikir. Kemamuan otak tersebut perlahan terasah dan menjadi tajam (kritis). Awalnya saya dibulan Juli kesulitan untuk menuangkan ide menulis. Setelah berjalan lima bulan kegiatan menulis, rasanya apapun bisa dijadikan ide menulis.

  2. Aktifitas yang menyehatkan,  Kegiatan menulis membutuhkan situasi yang santai, tenang dan juga nyaman. Ketiga hal tersebut jika bisa kita dapatkan setiap hari dalam menulis, tentunya dapat meningkatkan imunitas tubuh (NOTE: menulis dilakukan bukan dengan paksaan)
  3. Agar dikenang dan memiliki ciri khas, kalimat nomor tiga bukan sekedar kalimat isapan jempol belaka. Sudah banyak penulis hebat yang memberikan quote motivasi tentang kegiatan menulis, seperti : 


  4. Agar memiliki karya
    , inilah goal dari seorang penulis. Keberhasilan menerbitkan tulisan menjadi apresiasi diri untuk bisa berkarya lebih baik, lebih banyak dan lebih manfaat lagi.
Teman-teman literasi tidak ada alasan terlogis manusia tidak bisa menulis. Kegiatan menulis sudah kita lakukan dari kita mengenal huruf A. Kemudian berkembang menjadi kata, kata tersusun menjadi kalimat dan terakhir kalimat disatukan menjadi paragraf. Paragraf ini lah yang akan membuat kata kata yang sudah kita susun terangkai menjadi sebuah cerita.

Jadi, Mengapa kita harus menulis ?

Bagi yang sudah mulai menulis, segera selesaikan menjadi buku 
Bagi yang belum menulis, segera mulai menulis

Salam Literasi, Salam Indrakeren

10 Comments: