Sabtu, 14 November 2020

Pesan Bapak : Proses harus dicoba (Part 2)

Assalamu'alaikum 

Silaturrahmi itu menambah rezeki, Amin

Selamat Pagi para Pejuang Literasi, semoga selalu sehat, semangat, dan bahagia dalam melakukan aktifitas setiap hari serta selamat berwisata membaca di blog sederhana ini. 

Al Fatihah

Kantor Pemerintahan Kota Banten akhir tahun 2009. 
Pemberkasan dan sudah lengkap serta persiapan materi yang sudah dipelajari dari buku yang super tebal membuat saya lebih siap menyambut test CPNS pertama. Tes ini akan dilaksanakan di Kanto Pemerintahan Kota Banten, Kok Jauh sekali ndra!! Iya.., karena saya mengambil formasi di Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang. 

Dua hari sebelum tes dilaksanakan Bapak mengajak saya survei ke lokasi ujian "kak, jalan - jalan lihat lokasi survei yuk", "kapan Pak?" jawabku. "Sekarang aja Kak, mumpung hari Minggu" sahut Bapak. "Siap, Grak!!" responku sigap.

Saat itu perjalan ke Kota Serang masih harus kita tempuh dengan meggunakan angkutan umum. Kami berdua berangkat dari rumah pukul 07.00 dengan menggunakan becak menuju pintu gerbang perumahan. Turun dari becak kami berdua "nyambung" naik mobil angkot menuju ke prapatan Cikokol. Di prapatan Cikokol kondektur bus AKAP sudah menunggu penumpang yang akan melanjutkan perjalanan ke Merak - Banten. Perjalanan menuju lokasi memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. Perjalanan Kami berdua harus berhenti di Terminal Serang, kemudian Kami harus naik angkot kembali menuju lokasi test yaitu Kantor Pemerintahan Kota Serang". Lumayan jauh ya Kak" kata Bapak mengekrpesikan perjalanan yang baru saja kita tempuh. "Iya..hampir 4 jam perjalanan dari rumah" jawabku sambil mengecek waktu pada jam tangan.

Test CPNS Pertama
Jam 05.00 Pagi saya yang masih ditemani Bapak sudah berada di Bus AKAP menuju Merak - Banten. Kami berangkat pagi-pagi sekali, karena tes akan dilaksanakan pukul 09.00 pagi. Perjalanan di pagi hari tidak seperti saat survei. Perjalanan cenderung lancar sehingga waktu tempuh lebih cepat. Kami berdua sampai lokasi pukul 08.00, "Bapak tunggu disini, kakak langsung registasi. Bismillah Kak!" Pesan Bapak sebelum tes. "Ok" jawabku.

Tepat pukul 09.00 tes dilaksanakan. Test dilakukan dengan komputer dengan jumlah soal yang harus dikerjalan adalah 100 butir. Soal yang terdiri dari TWK, TIU, TKP harus bisa diselesaikan dengan waktu 90 menit. Selama 90 menit suasana ruangan sangat hening, para peserta yang berada di dalam ruangan sanagt fokus mengerjakan.

Waktu 90 menit terlewati, 100 soal sudah dilahap semua tanpa ada yang terlewat. Hasil tes langsung bisa terlihat saat kita mengakhiri. Berapa nilai saya? Apakah saya Lulus pada kesempatan pertama? "Gimana Kak hasilnya" tanya Bapak saat melihat saya keluar ruang tes. "Maaf Pak, Kakak nilainya kurang" jawabku.

Pesan Bapak :
Alhamdulillah Kak.
Jadikan proses hari ini sebagai Pengalaman.
Coba lagi tahun depan ya Kak !

Bersambung lagi ...

Salam Literasi, Salam Indrakeren

Jangan lupa klik link bonus ini yaa, teman-teman!!!!

#Day8NovAISEIWritingChallenge

#pesan.bapak

2 Comments:

  1. Keren ada running text bersambung. Ceritanya bagus, formatnya mantab

    BalasHapus
  2. Lanjutannya di tunggu.
    Eh gimana tuh pak cara "ngruning teks” ?

    BalasHapus